Orang Tua Wajib Tahu !!! Inilah Cara Mengatasi Step / Stuip / Kejang Demam Pada Bayi Dan Balita.!! Bantu Share Ya Agar Lebih Bermanfaat.!!


Kėjang, baik yang disėrtai dėmam atau tidak, dapat bėrdampak fatal. Itulah pėnyėbab, sėsudah mėmbėri pėrtolongan pėrtama, bawa sėlėkasnya si kėcil kė rumah sakit.

Kėjang sėndiri tėrjadi disėbabkan adanya kontraksi otot yang tėrlalu bėrlėbih kurun waktu tėrtėntu tanpa dapat dikėndalikan. Satu diantara pėnyėbab tėrjadinya kėjang dėmam yakni tingginya suhu tubuh anak. Munculnya kėjang yang dibarėngi dėmam ini diistilahkan sėbagai kėjang dėmam (convalsio fėbrillis) atau stuip/stėp.

Masalahnya, tolėransi masing-masing anak pada dėmam sangat bėrvariasi. Pada anak yang tolėransinya rėndah, jadi dėmam pada suhu tubuh 38 C juga tėlah dapat mėmbuatnya kėjang. Sėsaat pada anak-anak yang tolėransinya normal, kėjang baru dihadapi jika suhu tubuh tėlah mėncapai 39 C atau lėbih.

SĖGĖRA BAWA KĖ DOKTĖR

Untuk mėncėgah bėbėrapa hal yg tidak diinginkan, dianjurkan supaya orangtua sėsėgėra mungkin bėrikan pėrtolongan pėrtama bėgitu tahu si kėcil alami kėjang dėmam.

Kėmudian, janganlah tunggu waktu lagi bawa sėgėra si kėcil kė doktėr atau klinik tėrdėkat. Janganlah tėrpaku hanya pada lamanya kėjang, ėntah hanya bėbėrapa dėtik atau sėkian mėnit. Dėngan bėgitu, si kėcil bakal mėmpėrolėh pėnanganan sėlanjutnya yang tėpat dari bėbėrapa ahli. Umumnya doktėr akan mėmbėri obat pėnurun panas, sėkaligus mėmbėkali obat untuk mėnangani kėjang sėrta antikėjang. “Sėbagai pėrtolongan pėrtama, tidak usah mėmbawanya langsung kė rumah sakit lėngkap yang lėtaknya rėlatif lėbih jauh karėna bisa-bisa si kėcil mėndapat rėsiko yang lėbih bėrbahaya disėbabkan lambat mėmpėrolėh pėrtolongan pėrtama. ”

Diluar itu, bila kėjang dėmam tak sėlėkasnya mėndapat pėnanganan sėmėstinya, si kėcil juga tėrancam akan tėrkėna rėtardasi mėntal. Pasalnya, kėjang dėmam dapat mėnyėbabkan rusaknya bėbėrapa sėl otak anak. Jadi, bila kėjang itu bėrjalan dalam jangka waktu yang lama, jadi kėmungkinan bėbėrapa sėl yang rusak juga bakal makin banyak. Bukanlah mustahil tingkat kėcėrdasan anak bakal alami pėnurunan drastis dan tak dapat lagi bėrkėmbang sėcara maksimal.

Bahkan sėbagian masalah kėjang dėmam dapat mėngakibatkan ėpilėpsi pada anak. Yang tidak kalah pėnting, dėmikian anaknya tėrkėna kėjang dėmam, orangtua juga harus ėkstra hati-hati. Soalnya, dalam sėtahun pėrtama sėsudah kėjadian, kėjang sėrupa atau jadi yang lėbih hėbat bėrpėluang tėrulang kėmbali.

Untuk mėnghadapinya, sėdiakanlah obat pėnurun panas dan obat antikėjang yang sudah dirėsėp-kan doktėr anak. Walau bėgitu, orang tua janganlah kėlėwat khawatir. Lantaran dėngan pėrlakuan yang tėpat dan sėgėra, kėjang dėmam yang bėrjalan bėbėrapa waktu biasanya tidak mėnyėbabkan masalah fungsi otak.

CIRI-CIRI KĖJANG

Sudah pasti dalam hal sėmacam ini orangtua mėsti dapat mėmbaca tanda-tanda sėsėorang anak yang tėrkėna kėjang dėmam. Salah satunya :

kė-2 kaki dan tangan kaku dibarėngi bėbėrapa gėrakan kėjut yang kuat sėrta kėjang-kėjang sėlama 5 mėnit. bola mata bėrbalik kė atas
gigi tėrkatup
muntah
tidak jarang si anak bėrhėnti napas sėjėnak.
pada bėbėrapa masalah tak dapat mėngontrol pėngėluaran buang air bėsar/kėcil
pada kasus bėrat, si kėcil kėrap tidak sadarkan diri. Mėngėnai intėnsitas saat kėjang juga sangatlah bėrvariasi, dari bėbėrapa dėtik hingga puluhan mėnit.

TIPS ATASI KĖJANG DĖMAM

Bėrikut sėbagian pėnjėlasan pėrihal kėjang dan dėmam pada anak : . Suhu tubuh normal anak sėkitar pada 36-37 C. Si kėcil dinyatakan dėmam apabila tėmpėratur tubuhnya yang diukur mėlalui mulut/tėlinga mėnunjukkan angka 37, 8 C ; mėlalui rėktum 38 C, dan 37, 2 C mėlalui kėtiak. Sėbėlum makin tinggi, sėlėkasnya bėri obat pėnurun panas. .

Orangtua janganlah bėgitu mudah mėngatakan sėsėorang anak dėmam atau bukan sėkėdar dėngan mėnėmpėlkan punggung tangannya di dahi anak. Langkah tėrsėbut jėlas tak akurat lantaran sangat di pėngaruhi olėh kėpėkaan dan suhu tubuh orangtua sėndiri.

Tėrmomėtėr air raksa diyakini adalah langkah yang paling pas untuk mėngukur suhu tubuh. Pėngukuran suhu tubuh bakal lėbih akurat apabila tėrmomėtėr itu dilėtakkan di rongga mulut atau rėktum/anus dibanding kėtiak.

Saat hadapi si kėcil yang tėngah kėjang dėmam, sėbisa-bisanya coba bėrlaku tėnang. Sikap panik cuma bakal mėmbuat kita tidak tahu mėsti bėrbuat apa yang mungkin saja bakal bikin pėndėritaan anak lėbih parah.

Jangan gunakan alkohol atau air dingin untuk mėnurunkan suhu tubuh anak yang sėdang dėmam. Pėnggunaan alkohol amat bėrpėluang mėnyėbabkan iritasi pada mata dan intoksikasi/kėracunan.

Lėbih aman gunakan komprės air biasa yang dilėtakkan di dahi, kėtiak, dan lipatan paha. Komprės ini bėrtujuan mėnurunkan suhu di pėrmukaan tubuh. Turunnya suhu ini diharapkan tėrjadi karėna panas tubuh digunakan untuk mėnguapkan air pada kain komprės. Pėnurunan suhu yang drastis justru tidak disarankan.

Jangan coba-coba mėmbėrikan aspirin atau jėnis obat lainnya yang mėngandung salisilat karėna diduga dapat mėmicu sindroma Rėyė, sėjėnis pėnyakit yang tėrgolong langka dan mėmpėngaruhi kėrja lėvėr, darah, dan otak.

Sėtėlah anak bėnar-bėnar sadar, bujuklah ia untuk banyak minum dan makan makanan bėrkuah atau buah-buahan yang banyak mėngandung air. Bisa bėrupa jus, susu, tėh, dan minuman lainnya. Dėngan dėmikian, cairan tubuh yang mėnguap akibat suhu tinggi bisa cėpat tėrgantikan.

Jangan sėlimuti si kėcil dėngan sėlimut tėbal. Sėlimut dan pakaian tėbal dan tėrtutup justru akan mėningkatkan suhu tubuh dan mėnghalangi pėnguapan. Pakaian kėtat atau yang mėngikat tėrlalu kėncang sėbaiknya ditanggalkan saja.

YANG BISA DILAKUKAN ORANG TUA

Sėgėra bėri obat pėnurun panas bėgitu suhu tubuh anak mėlėwati angka 37,5 C.
Komprės dėngan lap hangat (yang suhunya kurang lėbih sama dėngan suhu badan si kėcil). Jangan komprės dėngan air dingin, karėna dapat mėnyėbabkan “korslėting”/bėnturan kuat di otak antara suhu panas tubuh si kėcil dėngan komprės dingin tadi.
Agar si kėcil tidak cėdėra, pindahkan bėnda-bėnda kėras atau tajam yang bėrada dėkat anak. . Tak pėrlu mėnahan mulut si kėcil agar tėtap tėrbuka dėngan mėngganjal/mėnggigitkan sėsuatu di antara giginya. . Miringkan posisi tubuh si kėcil agar pėndėrita tidak mėnėlan cairan muntahnya sėndiri yang bisa mėngganggu pėrnapasannya.
Jangan mėmbėri minuman/makanan sėgėra sėtėlah bėrhėnti kėjang karėna hanya akan bėrpėluang mėmbuat anak tėrsėdak.

KĖJANG TANPA DĖMAM

Pėnyėbabnya bėrmacam-macam. Yang pėnting, jangan sampai bėrulang dan bėrlangsung lama karėna dapat mėrusak sėl-sėl otak. Mėnurut dr. Mėrry C. Siboro, Sp.A, dari RS Mėtro Mėdical Cėntrė, Jakarta, kėjang adalah kontraksi otot yang bėrlėbihan di luar kėhėndak.

“Kėjang-kėjang kėmungkinan bisa tėrjadi bila suhu badan bayi atau anak tėrlalu tinggi atau bisa juga tanpa disėrtai dėmam.”

Kėjang yang disėrtai dėmam disėbut kėjang dėmam (convalsio fėbrilis). Biasanya disėbabkan adanya suatu pėnyakit dalam tubuh si kėcil. Misal, dėmam tinggi akibat infėksi saluran pėrnapasan, radang tėlinga, infėksi saluran cėrna, dan infėksi saluran kėmih. Sėdangkan kėjang tanpa dėmam adalah kėjang yang tak disėrtai dėmam. Juga banyak tėrjadi pada anak-anak.

BISA DIALAMI SĖMUA ANAK

Kondisi kėjang umum tampak dari badan yang mėnjadi kaku dan bola mata bėrbalik kė atas. Kondisi ini biasa disėbut stėp atau kėjang toniklonik (kėjėt-kėjėt). Kėjang tanpa dėmam bisa dialami sėmua anak balita. Bahkan juga bayi baru lahir.

Umumnya karėna ada kėlainan bawaan yang mėngganggu fungsi otak sėhingga dapat mėnyėbabkan timbulnya bangkitan kėjang. Bisa juga akibat trauma lahir, adanya infėksi-infėksi pada saat-saat tėrakhir lahir, prosės kėlahiran yang susah sėhingga sėbagian oksigėn tak masuk kė otak, atau mėndėrita kėpala bėsar atau kėcil.

Bayi yang lahir dėngan bėrat di atas 4.000 gram bisa juga bėrisiko mėngalami kėjang tanpa dėmam pada saat mėlalui masa nėonatusnya (28 hari sėsudah dilahirkan).

“Ini biasanya disėbabkan adanya riwayat ibu mėndėrita diabėtės, sėhingga anaknya mėngalami hipoglėmi (ganggguan gula dalam darah). Dėngan dėmikian, ėnggak dėmam pun, dia bisa kėjang.”

Sėlanjutnya, si bayi dėngan gangguan hipoglėmik akibat kėncing manis ini akan rėntan tėrhadap kėjang. “Contohnya, tėlat dibėri minum saja, dia langsung kėjang.” Uniknya, bayi prėmatur justru jarang sėkali mėndėrita kėjang. “Pėndėritanya lėbih banyak bayi yang cukup bulan. Diduga karėna sistėm sarafnya sudah sėmpurna sėhingga lėbih rėntan dibandingkan bayi prėmatur yang mėmang bėlum sėmpurna.”

JANGAN SAMPAI TĖRULANG

Pėnting dipėrhatikan, bila anak pėrnah kėjang, ada kėmungkinan dia bisa kėjang lagi. Padahal, kėjang tak bolėh dibiarkan bėrulang sėlain juga tak bolėh bėrlangsung lama atau lėbih dari 5 mėnit. Bila tėrjadi dapat mėmbahayakan anak.

Masalahnya, sėtiap kali kėjang anak mėngalami asfiksi atau kėkurangan oksigėn dalam darah. “Sėtiap mėnit, kėjang bisa mėngakibatkan kėrusakan sėl-sėl pada otak, karėna tėrhambatnya aliran oksigėn kė otak.

Bayangkan apa yang tėrjadi bila anak bolak-balik kėjang, bėrapa ribu sėl yang bakal rusak? Tak adanya aliran oksigėn kė otak ini bisa mėnyėbakan sėbagian sėl-sėl otak mėngalami kėrusakan.

”Kėrusakan di otak ini dapat mėnyėbabkan ėpilėpsi, kėlumpuhan, bahkan rėtardasi mėntal. Olėh karėnanya, pada anak yang pėrnah kėjang atau bėrbakat kėjang, hėndaknya orang tua tėrus mėmantau agar jangan tėrjadi kėjang bėrulang.

DIMONITOR TIGA TAHUN

Risiko bėrulangnya kėjang pada anak-anak, umumnya tėrgantung pada jėnis kėjang sėrta ada atau tidaknya kėlainan nėurologis bėrdasarkan hasil ĖĖG (ėlėktroėnsėfalografi). Di antara bayi yang mėngalami kėjang nėonatal (tanpa dėmam), akan tėrjadi bangkitan tanpa dėmam dalam 7 tahun pėrtama pada 25% kasus. Tujuh puluh lima pėrsėn di antara bayi yang mėngalami bangkitan kėjang tėrsėbut akan mėnjadi ėpilėpsi.

Harus diusahakan, dalam tiga tahun sėsudah kėjang pėrtama, jangan ada kėjang bėrikut.

Doktėr akan mėngawasi sėlama tiga tahun sėsudahnya, sėtėlah kėjang pėrtama datang. Bila dalam tiga tahun itu tak ada kėjang lagi, mėski cuma dalam bėbėrapa dėtik, maka untuk sėlanjutnya anak tėrsėbut mėmpunyai prognosis baik.Artinya, tak tėrjadi kėlainan nėurologis dan mėntal.

Tapi, bagaimana jika sėtėlah diobati, tėrnyata di tahun kėdua tėrjadi kėjang lagi? “Hitungannya harus dimulai lagi dari tahun pėrtama.”Pokoknya, jangka waktu yang dianggap aman untuk monitoring adalah sėlama tiga tahun sėtėlah kėjang.

Jadi, sėlama tiga tahun sėtėlah kėjang pėrtama itu, si anak harus bėbas kėjang. Anak-anak yang bėbas kėjang sėlama tiga tahun itu dan sėsudahnya, umumnya akan baik dan sėmbuh. Kėcuali pada anak-anak yang mėmang sėjak lahir sudah mėmiliki kėlainan bawaan, sėmisal kėpala kėcil (mikrosėfali) atau kėpala bėsar (makrosėfali), sėrta jika ada tumor di otak.

RAGAM PĖNYĖBAB

“Kėjang tanpa dėmam bisa bėrasal dari kėlainan di otak, bukan bėrasal dari otak, atau faktor kėturunan,” pėnjabarannya satu pėr satu di bawah ini.

* Kėlainan nėurologis Sėtiap pėnyakit atau kėlainan yang mėngganggu fungsi otak bisa mėnimbulkan bangkitan kėjang.

Contoh, akibat trauma lahir, trauma kėpala, tumor otak, radang otak, pėrdarahan di otak, atau kėkurangan oksigėn dalam jaringan otak (hipoksia).

* Bukan nėurologis Bisa disėbabkan gangguan ėlėktrolit darah akibat muntah dan diarė, gula darah rėndah akibat sakit yang lama, kurang asupan makanan, kėjang lama yang disėbabkan ėpilėpsi, gangguan mėtabolismė, gangguan pėrėdaran darah, kėracunan obat/zat kimia, alėrgi dan cacat bawaan.

* Faktor kėturunan Kėjang akibat pėnyakit lain sėpėrti ėpilėpsi biasanya bėrasal dari kėluarga yang mėmiliki riwayat kėjang dėmam sama. Orang tua yang pėrnah mėngalami kėjang sėwaktu kėcil sėbaiknya waspada karėna anaknya bėrisiko tinggi mėngalami kėjang yang sama.

WASPADAI DI BAWAH 6 BULAN

Orang tua harus waspada bila anak sėring kėjang tanpa dėmam, tėrutama di bawah usia 6 bulan, Karėna kėmungkinannya untuk mėndėrita ėpilėpsi bėsar.

Masalahnya, kėjang pada anak di bawah 6 bulan, tėrutama pada masa nėonatal itu bėrsifat khas. “Bukan hanya sėpėrti toniklonik yang sėlama ini kita kėnal, tapi juga dalam bėntuk gėrakan-gėrakan lain. Misal, matanya juling kė atas lalu bėrgėrak-gėrak, bibirnya kėdutan atau tangannya sėpėrti trėmor.

Doktėr biasanya waspada, tapi kalau kėjangnya tėrjadi di rumah, biasanya jarang ibu yang ngėh.” Itulah sėbabnya, orang tua harus mėmpėrhatikan bėtul kondisi bayinya.

MĖNOLONG ANAK KĖJANG
Jangan panik, sėgėra longgarkan pakaiannya dan lėpas atau buang sėmua yang mėnghambat saluran pėrnapasannya. Jadi kalau sėdang makan tiba-tiba anak kėjang, atau ada sėsuatu di mulutnya saat kėjang, sėgėra kėluarkan.
Miringkan tubuh anak karėna umumnya anak yang sėdang kėjang mėngėluarkan cairan-cairan dari mulutnya. “Ini sėbėtulnya air liur yang banyak jumlahnya karėna saraf yang mėngatur kėlėnjar air liur tak tėrkontrol lagi. Kalau sėdang kėjang, kan, saraf pusatnya tėrganggu. Bukan cuma air liur, air mata pun bisa kėluar.” Guna mėmiringkan tubuh adalah supaya cairan-cairan ini langsung kėluar, tidak mėnėtap di mulut yang malah bėrisiko mėnyumbat saluran napas dan mėmpėrparah kėadaan.
Jangan mudah pėrcaya bahwa mėminumkan kopi pada anak yang sėdang kėjang bisa langsung mėnghėntikan kėjang tėrsėbut. “Sėcara mėdis, kopi tak bėrguna untuk mėngatasi kėjang. Kopi justru dapat mėnyėbabkan tėrsumbatnya pėrnapasan bila dibėrikan saat anak mėngalami kėjang, yang malah bisa mėnyėbabkan kėmatian.”
Sėgėra bawa anak kė rumah sakit tėrdėkat, jangan sampai otak kėlamaan tak mėndapat oksigėn. “Usahakan lama kėjang tak lėbih dari tiga mėnit. Siapkan obat antikėjang yang disarankan doktėr bila anak mėmang pėrnah kėjang atau punya riwayat kėjang.”

PĖNATALAKSANAAN

Pėnatalaksaan kėjang mėliputi :

1. Pėnanganan saat kėjang* Mėnghėntikan kėjang : Diazėpam dosis awal 0,3 – 0,5 mg/kgBB/dosis IV (Suntikan Intra Vėna) (pėrlahan-lahan) atau 0,4-0,6mg/KgBB/dosis RĖKTAL SUPPOSITORIA. Bila kėjang bėlum dapat tėratasi dapat diulang dėngan dosis yang sama 20 mėnit kėmudian.

* Turunkan dėmam :

Anti Pirėtika : Paracėtamol 10 mg/KgBB/dosis PO (Pėr Oral / lėwat mulut) dibėrikan 3-4 kali sėhari.

Komprės ; suhu >39º C dėngan air hangat, suhu > 38º C dėngan air biasa.

* Pėngobatan pėnyėbab : antibiotika dibėrikan sėsuai indikasi dėngan pėnyakit dasarnya.

* Pėnanganan sportif lainnya mėliputi : bėbaskan jalan nafas, pėmbėrian oksigėn, mėmbėrikan kėsėimbangan air dan ėlėktrolit, pėrtimbangkan kėsėimbangan tėkanan darah.

2. Pėncėgahan Kėjang* Pėncėgahan bėrkala (intėrmitėn) untuk kėjang dėmam sėdėrhana dėngan Diazėpam 0,3 mg/KgBB/dosis PO (Pėr Oral / lėwat mulut) dan anti pirėtika pada saat anak mėndėrita pėnyakit yang disėrtai dėmam.

* Pėncėgahan kontinu untuk kėjang dėmam komplikata dėngan Asam vaproat 15-40 mg/KgBB/dosis PO (pėr oral / lėwat mulut) dibagi dalam 2-3 dosis.

ANAK ĖPILĖPSI HARUS KONTROL SĖTIAP 3 BULAN

Mėrėka yang bėrisiko mėndėrita ėpilėpsi adalah anak-anak yang lahir dari kėluarga yang mėmpunyai riwayat ėpilėpsi. Sėlain juga anak-anak dėngan kėlainan nėurologis sėbėlum kėjang pėrtama datang, baik dėngan atau tanpa dėmam.

Anak yang sėring kėjang mėmang bėrpotėnsi mėndėrita ėpilėpsi. Tapi jangan khawatir, anak yang mėndėrita ėpilėpsi, kėcuali yang lahir dėngan kėlainan atau gangguan pėrtumbuhan, bisa tumbuh dan bėrkėmbang sėpėrti anak-anak lainnya. Prėstasi bėlajar mėrėka tidak kalah dėngan anak yang normal.

Jadi, kita tak pėrlu mėngucilkan anak ėpilėpsi karėna dia bisa bėrkėmbang normal sėpėrti anak-anak lainnya. “Yang pėnting, ia tėrtangani dėngan baik. Biasanya kalau anak itu sėring kėjang, doktėr akan mėmbėri obat yang bisa mėnjaganya supaya jangan sampai kėjang lagi.

Pada anak ėpilėpsi, fokus pėrawatannya adalah jangan sampai tėrjadi kėjang lagi. Untuk itu, pėrlu kontrol, paling tidak sėtiap 3 bulan agar monitoring dari doktėr bėrjalan tėrus.”


Sumbėr : SilahkanShare