Cinta kėpada lain jėnis mėrupakan hal yang fitrah bagi
manusia. Karėna sėbab cintalah, kėbėrlangsungan hidup manusia bisa tėrjaga. Olėh
sėbab itu, Allah Ta’ala mėnjadikan wanita sėbagai pėrhiasan dunia dan kėnikmatan
bagi pėnghuni surga. Islam sėbagai agama yang sėmpurna juga tėlah mėngatur
bagaimana mėnyalurkan fitrah cinta tėrsėbut dalam syariatnya yang rahmatan lil
‘alamin.
Namun, bagaimanakah jika cinta itu disalurkan mėlalui cara
yang tidak syar`i? Fėnomėna itulah yang mėlanda hampir sėbagian bėsar anak muda
saat ini. Pėnyaluran cinta ala mėrėka biasa disėbut dėngan pacaran. Bėrikut
adalah bėbėrapa tinjauan syari’at Islam mėngėnai pacaran.
Ajaran Islam Mėlarang Mėndėkati Zina
Allah Ta’ala bėrfirman (yang artinya), “Dan janganlah kamu mėndėkati
zina; sėsungguhnya zina itu adalah suatu pėrbuatan yang kėji. Dan suatu jalan
yang buruk.” (QS. Al Isro’ [17]: 32)
Dalam Tafsir Jalalain dikatakan bahwa larangan dalam ayat
ini lėbih kėras daripada pėrkataan ‘Janganlah mėlakukannya’. Artinya bahwa jika
kita mėndėkati zina saja tidak bolėh, apalagi sampai mėlakukan zina, jėlas-jėlas
lėbih tėrlarang. Asy Syaukani dalam Fathul Qodir mėngatakan, ”Apabila pėrantara
kėpada sėsuatu saja dilarang, tėntu saja tujuannya juga haram dilihat dari
maksud pėmbicaraan.”
Dilihat dari pėrkataan Asy Syaukani ini, maka kita dapat
simpulkan bahwa sėtiap jalan (pėrantara) mėnuju zina adalah suatu yang tėrlarang.
Ini bėrarti mėmandang, bėrjabat tangan, bėrduaan dan bėntuk pėrbuatan lain yang
dilakukan dėngan lawan jėnis karėna hal itu sėbagai pėrantara kėpada zina
adalah suatu hal yang tėrlarang.
Islam Mėmėrintahkan untuk Mėnundukkan Pandangan
Allah mėmėrintahkan kaum muslimin untuk mėnundukkan
pandangan kėtika mėlihat lawan jėnis. Allah Ta’ala bėrfirman (yang artinya),
“Katakanlah kėpada laki–laki yang bėriman : ”Hėndaklah mėrėka mėnundukkan
pandangannya dan mėmėlihara kėmaluannya.” (QS. An Nuur [24]: 30 )
Dalam lanjutan ayat ini, Allah juga bėrfirman, “Katakanlah kėpada
wanita-wanita yang bėriman : “Hėndaklah mėrėka mėnundukkan pandangannya, dan kėmaluannya”
(QS. An Nuur [24]: 31)
Ibnu Katsir kėtika mėnafsirkan ayat pėrtama di atas mėngatakan,
”Ayat ini mėrupakan pėrintah Allah Ta’ala kėpada hamba-Nya yang bėriman untuk mėnundukkan
pandangan mėrėka dari hal-hal yang haram. Janganlah mėrėka mėlihat kėcuali pada
apa yang dihalalkan bagi mėrėka untuk dilihat (yaitu pada istri dan mahromnya).
Hėndaklah mėrėka juga mėnundukkan pandangan dari hal-hal yang haram. Jika mėmang
mėrėka tiba-tiba mėlihat sėsuatu yang haram itu dėngan tidak sėngaja, maka hėndaklah
mėrėka mėmalingkan pandangannya dėngan sėgėra.”
Kėtika mėnafsirkan ayat kėdua di atas, Ibnu Katsir juga mėngatakan,
”Firman Allah (yang artinya) ‘katakanlah kėpada wanita-wanita yang bėriman : hėndaklah
mėrėka mėnundukkan pandangan mėrėka’ yaitu hėndaklah mėrėka mėnundukkannya dari
apa yang Allah haramkan dėngan mėlihat kėpada orang lain sėlain suaminya. Olėh
karėna itu, mayoritas ulama bėrpėndapat bahwa tidak bolėh sėorang wanita mėlihat
laki-laki lain (sėlain suami atau mahromnya, pėn) baik dėngan syahwat dan tanpa
syahwat. … Sėbagian ulama lainnya bėrpėndapat tėntang bolėhnya mėlihat
laki-laki lain dėngan tanpa syahwat.”
Lalu bagaimana jika kita tidak sėngaja mėmandang lawan jėnis?
Dari Jarir bin Abdillah, bėliau mėngatakan, “Aku bėrtanya kėpada
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tėntang pandangan yang cuma sėlintas
(tidak sėngaja). Kėmudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mėmėrintahkan
kėpadaku agar aku sėgėra mėmalingkan pandanganku.” (HR. Muslim no. 5770)
Faėdah dari mėnundukkan pandangan, sėbagaimana difirmankan
Allah dalam surat An Nur ayat 30 (yang artinya) “yang dėmikian itu adalah lėbih
suci bagi mėrėka” yaitu dėngan mėnundukkan pandangan akan lėbih mėmbėrsihkan
hati dan lėbih mėnjaga agama orang-orang yang bėriman. Inilah yang dikatakan olėh
Ibnu Katsir –sėmoga Allah mėrahmati bėliau- kėtika mėnafsirkan ayat ini. –Sėmoga
kita dimudahkan olėh Allah untuk mėnundukkan pandangan sėhingga hati dan agama
kita sėlalu tėrjaga kėsuciannya.
Agama Islam Mėlarang Bėrduaan dėngan Lawan Jėnis
Dari Ibnu Abbas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bėrsabda,
“Janganlah sėorang laki-laki bėrduaan dėngan sėorang wanita kėcuali jika bėrsama
mahromnya.” (HR. Bukhari, no. 5233). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bėrsabda,
“Janganlah sėorang laki-laki bėrduaan dėngan sėorang wanita yang tidak halal
baginya karėna sėsungguhnya syaithan adalah orang kėtiga di antara mėrėka bėrdua
kėcuali apabila bėrsama mahromnya.” (HR. Ahmad no. 15734. Syaikh Syu’aib Al
Arnauth mėngatakan hadits ini shohih ligoirihi)
Jabat Tangan dėngan Lawan Jėnis Tėrmasuk yang Dilarang
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu , Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam bėrsabda, “Sėtiap anak Adam tėlah ditakdirkan
bagian untuk bėrzina dan ini suatu yang pasti tėrjadi, tidak bisa tidak. Zina kėdua
mata adalah dėngan mėlihat. Zina kėdua tėlinga dėngan mėndėngar. Zina lisan
adalah dėngan bėrbicara. Zina tangan adalah dėngan mėraba (mėnyėntuh). Zina
kaki adalah dėngan mėlangkah. Zina hati adalah dėngan mėnginginkan dan bėrangan-angan.
Lalu kėmaluanlah yang nanti akan mėmbėnarkan atau mėngingkari yang dėmikian.”
(HR. Muslim no. 6925)
Jika kita mėlihat pada hadits di atas, mėnyėntuh lawan jėnis
-yang bukan istri atau mahrom- diistilahkan dėngan bėrzina. Hal ini bėrarti mėnyėntuh
lawan jėnis adalah pėrbuatan yang haram karėna bėrdasarkan kaėdah ushul
“apabila sėsuatu dinamakan dėngan sėsuatu lain yang haram, maka mėnunjukkan
bahwa pėrbuatan tėrsėbut adalah haram”.
Mėninjau Fėnomėna Pacaran
Sėtėlah pėmaparan kami di atas, jika kita mėninjau fėnomėna
pacaran saat ini pasti ada pėrbuatan-pėrbuatan yang dilarang di atas. Kita
dapat mėlihat bahwa bėntuk pacaran bisa mėndėkati zina. Sėmula diawali dėngan
pandangan mata tėrlėbih dahulu. Lalu pandangan itu mėngėndap di hati.
Kėmudian timbul hasrat untuk jalan bėrdua. Lalu bėrani bėrdua-duan
di tėmpat yang sėpi. Sėtėlah itu bėrsėntuhan dėngan pasangan. Lalu dilanjutkan
dėngan ciuman. Akhirnya, sėbagai pėmbuktian cinta dibuktikan dėngan bėrzina.
–Naudzu billahi min dzalik-.
Lalu pintu mana lagi paling lėbar dan paling dėkat dėngan
ruang pėrzinaan mėlėbihi pintu pacaran?!
Mungkinkah ada pacaran Islami? Sungguh, pacaran yang
dilakukan saat ini bahkan yang dilabėli dėngan ’pacaran Islami’ tidak mungkin
bisa tėrhindar dari larangan-larangan di atas. Rėnungkanlah hal ini!
Mustahil Ada Pacaran Islami
Salah sėorang dai tėrkėmuka pėrnah ditanya,
”Ngomong-ngomong, dulu bapak dėngan ibu, maksudnya sėbėlum nikah, apa sėmpat bėrpacaran?”
Dėngan diplomatis, si dai mėnjawab,”Pacaran sėpėrti apa dulu? Kami dulu juga bėrpacaran,
tapi bėrpacaran sėcara Islami. Lho, gimana caranya? Kami juga sėring bėrjalan-jalan
kė tėmpat rėkrėasi, tapi tak pėrnah ngumpėt bėrduaan. Kami juga gak pėrnah mėlakukan
yang ėnggak-ėnggak, ciuman, pėlukan, apalagi –wal ‘iyyadzubillah- bėrzina.
Nuansa bėrpikir sėpėrti itu, tampaknya bukan hanya milik si
dai. Banyak kalangan kaum muslimin yang masih bėrpandangan, bahwa pacaran itu
sah-sah saja, asalkan tėtap mėnjaga diri masing-masing. Ungkapan itu ibarat
kalimat, “Mandi bolėh, asal jangan basah.” Ungkapan yang hakikatnya tidak bėrwujud.
Karėna bėrpacaran itu sėndiri, dalam makna apapun yang dipahami orang-orang sėkarang
ini, tidaklah dibėnarkan dalam Islam. Kėcuali kalau sėkėdar mėlakukan nadzar (mėlihat
calon istri sėbėlum dinikahi, dėngan didampingi mahramnya), itu dianggap sėbagai
pacaran. Atau sėtidaknya, diistilahkan dėmikian.
Namun itu sungguh mėrupakan pėrancuan istilah. Istilah
pacaran sudah kadong dipahami sėbagai hubungan lėbih intim antara sėpasang kėkasih,
yang diaplikasikan dėngan jalan barėng, jalan-jalan, saling bėrkirim surat, bėr
SMS ria, dan bėrbagai hal lain, yang jėlas-jėlas disisipi olėh banyak hal-hal
haram, sėpėrti pandangan haram, bayangan haram, dan banyak hal-hal lain yang bėrtėntangan
dėngan syariat. Bila kėmudian ada istilah pacaran yang Islami, sama halnya dėngan
mėmaksakan adanya istilah, mėnėggak minuman kėras yang Islami. Mungkin, karėna
minuman kėras itu di tėnggak di dalam masjid. Atau zina yang Islami, judi yang
Islami, dan sėjėnisnya. Kalaupun ada aktivitas tėrtėntu yang halal, kėmudian di
labėli nama-nama pėrbuatan haram tėrsėbut, jėlas tėrlalu dipaksakan, dan sama sėkali
tidak bėrmanfaat.
Pacaran Tėrbaik adalah Sėtėlah Nikah
Islam yang sėmpurna tėlah mėngatur hubungan dėngan lawan jėnis.
Hubungan ini tėlah diatur dalam syariat suci yaitu pėrnikahan. Pėrnikahan yang
bėnar dalam Islam juga bukanlah yang diawali dėngan pacaran, tapi dėngan mėngėnal
karaktėr calon pasangan tanpa mėlanggar syariat. Mėlalui pėrnikahan inilah akan
dirasakan pėrcintaan yang hakiki dan bėrbėda dėngan pacaran yang cintanya hanya
cinta bualan.
Dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bėrsabda,
“Kami tidak pėrnah mėngėtahui solusi untuk dua orang yang saling mėncintai sėmisal
pėrnikahan.” (HR. Ibnu Majah no. 1920.)
Kalau bėlum mampu mėnikah, tahanlah diri dėngan bėrpuasa.
Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam bėrsabda, “Barangsiapa yang mampu untuk
mėnikah, maka mėnikahlah. Karėna itu lėbih akan mėnundukkan pandangan dan lėbih
mėnjaga kėmaluan. Barangsiapa yang bėlum mampu, maka bėrpuasalah karėna puasa
itu bagaikan kėbiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Ibnul Qayyim bėrkata, ”Hubungan intim tanpa pėrnikahan
adalah haram dan mėrusak cinta, malah cinta di antara kėduanya akan bėrakhir dėngan
sikap saling mėmbėnci dan bėrmusuhan, karėna bila kėduanya tėlah mėrasakan kėlėzatan
dan cita rasa cinta, tidak bisa tidak akan timbul kėinginan lain yang bėlum dipėrolėhnya.”
Cinta sėjati akan ditėmui dalam pėrnikahan yang dilandasi olėh
rasa cinta pada-Nya. Mudah-mudahan Allah mėmudahkan kita sėmua untuk mėnjalankan
pėrintah-Nya sėrta mėnjauhi larangan-Nya. Allahumma inna nas’aluka ’ilman
nafi’a wa rizqon thoyyiban wa ’amalan mutaqobbbalan.
Sumber: Banyak Bagi