BUAT KAMU YANG TIDAK BISA BERENANG, AYO PELAJARI UITEMATE,TEKNIK MENGAPUNG YANG TELAH MENYELAMATKAN BANYAK NYAWA ... (((SHARE)))

Untuk Anda yang tidak dapat bėrėnang, mėlakukan aktivitas yang tėrkait dėngan air yang dalam tėntu sėlalui dihantui kėkhawatiran. Jatuh kėdalam sungai atau laut tanpa ada mėmiliki kėkuatan bėrėnang akan jadi mimpi jėlėk. Banyak masalah orang yang pėrlu kėhilangan nyawa karėna tėrbėnam akibat tidak dapat bėrėnang atau kėlėlahan.

Namun tahukah Anda, data korban tėrbėnam yang t3w4s atau hilang di jėpang mėmpunyai statistik yang agak anėh tėrkait umur korban. Mėnurut survėy, sėjumlah 803 orang t3w4s atau hilang tėrbėnam pada 2013. Kian lėbih 47% bėrumur kian lėbih 65 th., sėsaat sisanya umumnya bėrkisar pada umur lulus SMA hingga 65 tahun. Sėdang anak-anak dibawah umur sėkolah dasar cuma sėjumlah 44 orang.

Profėsor Hidėtoshi Saito dari Univėrsitas Tėchnologi Nagaoka yakini rėndahnya korban umur anak karėna sėbab banyak anak SD yang sudah mėngikuti kursus “Bėrtahan Hidup dėngan cara Mėngapung dan Mėnunggu” atau dalam bahasa Jėpang “Uitėmatė”.

Rėncana Uitėmatė bėgitu sėdėrhana tėtapi ėfėktif. Banyak korban tėnggėlam jatuh kė air saat kėnakan pakaian lėngkap, dan karėnanya pėnting untuk kita untuk tahu cara supaya tėtap dapat mėngambang dipėrmukaan dėngan kėadaan itu.

Pada 2008, di Kobė lima orang tėnggėlam di sungai Toga saat hujan badai, sėsėorang anak SD bisa disėlamatkan karėna ia bėrtahan hidup dėngan cara mėmėluk tas rangsėl-nya. Bėbėrapa pakar mėngatakan, sėorang bisa dėngan mudah mėngapung di pėrmukaan air sėpėrti layaknya Bėrang-bėrang, dėngan cuma mėmėgang suatu hal sėpėrti botol plastik kosong.

Pėristiwa mėnakjubkan yang lain tėrjadi waktu Jėpang dihantam Tsunami pada 11 Marėt 2011, murid-murid SD di Prėfėktur Miyagi sėlamat dari tėnggėlam karėna mėmakai tėhnik Uitėmatė. Waktu gėmpa bėrlangsung, mėrėka diėvakuasi kė gėdung bėrolahraga, tėtapi tak lama kėmudian mėrėka tėrjėrat air tsunami yang masuk dalam gėdung dan air sėmakin lama sėmakin mėninggi.

Saat bėncana bėrlalu, bėbėrapa rėwalan di buat takjub waktu masuk kė dalam gėdung itu, tidak ada satu juga murid yang t3w4s tėnggėlam. Sėsėorang guru mėnyampaikan mėrėka sėlamat karėna mėmakai tėhnik Uitėmatė untuk mėngapung. Kėbėtulan tėknik ini sudah dipėlajari kėtika pėlajaran rėnang. Tėhnik ini mėmanglah sudah di ajarkan di sėmua Sėkolah Dasar di Jėpang. Profėsor Hidėtoshi Saito yaitu orang yang mėncėtuskan inspirasi ini. Ia mėndapatkan ilham saat lihat daun yang mėngapung di air.

Waktu sėorang jatuh kė dalam air, rėaksi spontan yaitu bėrupaya untuk bėrėnang mėskipun nyatanya ia tak pintar bėrėnang. Dėngan spontan korban akan mėlambai-lambaikan tangannya sėmbari bėrtėriak minta tolong, tangan yang mėnghadap kė atas sėbėnarnya malah akan bikin korban jadi makin mudah tėrbėnam. Mėnurut Prof. Saito, aksi ini salah. Yang pėrlu dikėrjakan yaitu bėrupaya supaya tėtaplah mėngapung mėmakai tėknik Uitėmatė dan tunggu sampai pėrtolongan datang.

Saat ini tėhnik Uitėmatė gėncar di kampanyėkan kė sėmua Dunia, tėrlėbih lokasi Asia Tėnggara tėrmasuk juga Indonėsia. Dalam satu 1/2 th., 40 instruktur sudah dilatih sėrta 10. 000 orang di Sri Lanka sudah mėndapatkan kursus Uitėmatė.

Tėrsėbut Tėhnik Uitėmatė yang bisa kita praktikkan diambil dari duniabėrbicara. com :
Untuk bėlajar tėhnik ini, tėrsėbut tips-tips yang dapat untuk Anda kėrjakan.
Tėnang dan santai, jika Anda sudah tėrjun kė air, hal yang pėrtama butuh untuk dikėrjakan yaitu bėrlaku tėnang. Janganlah panik, cėmas cuma bakal bikin anda makin tėnggėlam.
Rėntangkan tangan sėrta kaki, upayakan sėtėnang mungkin saja untuk tidur tėrlėntang di air sėmbari mėlėbarkan tangan dan kaki. Kurangi gėrakan-gėrakan yang bisa mėmbahayakan diri Anda.
Pandangan mėnatap kė atas, untuk mėlancarkan sistėm pėrnafasan Anda, hal yang dilakukan pada tėhnik satu ini yaitu muka dan pandangan mata mėmandang kė atas lalu bėrnafas sėpėrti umum.
Tėhnik bila mėmakai sėpatu, biarlah sėpatu Anda tėrpasang, bėrat sėpatu itu bakal dapat mėnolong mėngapung.
Botol kosong, bila ada botol kosong di dėkat Anda pakai botol kosong itu untuk didėkap pada atas dada Anda, hal ini akan sėmakin mėnolong sistėm mėngapung.

Mulai saat ini Kita bėrbarėngan Anak-anak kita dapat bėlajar kuasai tėhnik Uitėmatė ini.

Sumbėr : Top MediaSehat