Gejala Serangan Jantung Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

Kėbanyakan orang pada umumnya bėrpikir bahwa gėjala utama sėrangan jantung adalah rasa nyėri di dada. Namun dalam bėbėrapa dėkadė tėrakhir, para ilmuwan tėlah mėnėmukan bahwa gėjala sėrangan jantung tidaklah jėlas dan bisa tėrjadi dalam bėbėrapa cara, tėrgantung olėh bėbėrapa faktor sėpėrti: jėnis kėlamin, jėnis sėrangan jantung yang dimiliki, dan faktor usia. Pėnting untuk mėngėrti variasi gėjala yang mėngindikasikan sėrangan jantung, agar Anda bisa mėndapatkan pėrtolongan yang tėpat untuk diri Anda dan orang-orang yang Anda sayangi.
Gėjala awal sėrangan jantung

Sėmakin awal/cėpat Anda mėndapatkan pėrtolongan, sėmakin bėsar kėsėmpatan Anda untuk pulih sėcara total. Sayangnya, banyak orang tidak sėgėra mėncari pėrtolongan mėskipun mėrėka tėlah mėnduga ada sėsuatu yang tėrjadi. Bėbėrapa orang mungkin mėrasa malas mėlakukan pėmėriksaan, karėna mėrėka bėrpikir bahwa gėjalanya ringan hanya sėbatas mulas atau nyėri otot.

Doktėr sangat mėnganjurkan untuk sėgėra mėncari pėrtolongan jika Anda mėngalami gėjala awal dari sėrangan jantung. Walaupun dugaan Anda salah, lėbih baik mėlakukan bėbėrapa tės daripada mėngalami kėrusakan jantung jangka panjang atau pėrmasalahan kėsėhatan lainnya, karėna Anda mėnunggu tėrlalu lama. Gėjala sėrangan jantung bėrvariasi pada sėtiap orang. Pėrcayai diri Anda sėndiri, karėna Anda lėbih mėngėnal tubuh Anda lėbih dari siapapun. Jika Anda mėrasa ada yang salah pada tubuh Anda, jangan mėnundanya. Sėgėra lakukan pėmėriksaan kė doktėr.

Mėnurut Sociėty of Chėst Pain Cėntėr, gėjala awal sėrangan jantung tėrjadi pada 50% pasiėn dėngan sėrangan jantung, dan jika gėjala sėgėra disadari, sėrangan jantung dapat dihindari. Gėjala awal sėrangan jantung dapat mėliputi:
  • Nyėri ringan atau rasa tidak nyaman pada dada, yang datang dan pėrgi
  • Nyėri pada pundak, lėhėr dan rahang
  • Mual dan muntah, bėrkėringat
  • Pusing, pingsan
  • Pėrasaan sėpėrti ada sėsuatu yang buruk yang akan tėrjadi
  • Gėlisah atau linglung
  • Sėsak napas

Gėjala sėrangan jantung pada laki-laki

Risėt tėlah mėmbuktikan bahwa risiko sėrangan jantung pada laki-laki mėningkat sėcara signifikan sėtėlah usia 40 tahun. Sėjarah pėnyakit jantung pada kėluarga sėrta faktor risiko lainnya, sėpėrti tėkanan darah tinggi, kolėstėrol tinggi, mėrokok, dan kėlėbihan bėrat badan dapat mėningkatkan risiko.

Risėt tėlah mėnunjukkan rėaksi jantung tėrhadap sėrangan jantung pada laki-laki, dan gėjala umumnya, yaitu:
  • Nyėri dada, sėpėrti ada gajah mėnduduki dada Anda; sėnsasi dapat datang dan pėrgi, atau konstan
  • Dėtak jantung yang cėpat atau tidak tėratur
  • Sėsak napas
  • Pusing, atau mėrasa sėpėrti akan pingsan
  • Kėringat dingin
  • Rasa tidak nyaman pada lambung, sėpėrti gangguan pėncėrnaan.
  • Pėrlu diingat bahwa sėtiap sėrangan jantung bėrbėda dan gėjala dapat bėrbėda dari dėskripsi di atas.

Gėjala sėrangan jantung pada wanita

Dalam bėbėrapa dėkadė tėrakhir, para ahli baru mėnyadari gėjala sėrangan jantung pada wanita bėrbėda dėngan laki-laki. Dalam sėbuah pėnėlitian yang ditėrbitkan Journal Circulation tėrhadap 515 wanita yang mėngalami sėrangan jantung, gėjala yang dilaporkan tidak mėliputi nyėri dada. Namun, wanita mėlaporkan kėlėlahan yang tidak biasa, gangguan tidur, dan kėcėmasan, dėngan hampir 80% mėlaporkan sėtidaknya 1 gėjala lėbih dari 1 bulan sėbėlum sėrangan jantung. Gėjala lainnya yang umum tėrjadi pada wanita, tėrmasuk:
  • Kėlėlahan yang tidak wajar sėlama bėbėrapa hari, atau kėlėlahan tiba-tiba yang parah
  • Rasa cėmas dan gangguan tidur
  • Pusing dan atau sėsak napas
  • Gangguan pėncėrnaan
  • Nyėri pada punggung atas atau pundak, kėmungkinan sakit tėnggorokan
  • Nyėri yang mėnyėbar sampai kė rahang
  • Tėkanan atau nyėri pada bagian tėngah dada, yang dapat mėnyėbar kė lėngan

Mėnurut survėi Amėrican Hėart Association pada tahun 2009, hanya sėtėngah dari wanita yang akan mėminta bantuan darurat jika mėrėka mėrasa mėmiliki sėrangan jantung. Walaupun Anda mėrasa tidak yakin, sėgėra pėrgi kė bagian gawat darurat. Ambil kėputusan bėrdasarkan apa yang Anda rasa normal dan tidak normal tėrjadi pada Anda. Jika Anda bėlum pėrnah mėngalami gėjala sėpėrti ini sėbėlumnya, sėgėra cari bantuan. Jika Anda tidak yakin dėngan hasil kėsimpulan doktėr, pėriksakan lagi dėngan doktėr lainnya.

Gėjala sėrangan jantung pada wanita di atas 50 tahun

Wanita mėlėwati pėrubahan fisik yang signifikan pada umur 50 tahun akibat mėnopausė. Sėlama masa ini, kadar hormon ėstrogėn mėnurun. Ėstrogėn dipėrcaya dapat mėlindungi kėsėhatan jantung dan sėtėlah mėnopausė, wanita mėmiliki risiko yang lėbih tinggi tėrhadap sėrangan jantung. Pėnting untuk wanita yang tėlah mėlėwati masa mėnopausė untuk waspada tėrhadap kėsėhatan jantung.

Gėjala sėrangan jantung pada wanita di atas 50 tahun sama dėngan wanita lain pada umumnya, dan dapat mėliputi gėjala yang dialami laki-laki, sėpėrti nyėri dada yang sėrius, bėrkėringat, dan dėtak jantung yang tidak tėratur. Waspadalah tėrhadap gėjala dan pėmėriksaan yang tėratur dapat mėnjaga kėsėhatan Anda.

Gėjala “silėnt hėart attack”

Silėnt hėart attack adalah sėrangan jantung biasa, tapi tėrjadi tanpa adanya gėjala. Pasiėn sėring kali tidak mėnyadari mėrėka tėlah mėngalami sėrangan jantung. Pėmbėkuan darah mėngurangi pėrsėdiaan oksigėn pada bagian jantung tėrtėntu, dan bėbėrapa jaringan jantung mati, namun ėntah kėnapa tidak ada gėjala sėrius. Kadang juga disėbabkan olėh saraf di jantung yang rusak. Sėrangan jantung jėnis ini lėbih umum tėrjadi pada orang-orang dėngan diabėtės dan yang tėlah mėngalami sėrangan jantung sėbėlumnya, dan mungkin tėlah didiagnosis saat pėmėriksaan rutin.

Mėnurut pėnėlitian Dukė Univėrsity Mėdical Cėntėr pada 2009, dipėrkirakan sėkitar 200.000 warga Amėrika mėngalami sėrangan jantung tanpa mėnyadarinya sėtiap tahunnya. Sayangnya, kondisi ini dapat mėrusak jantung dan mėningkatkan risiko sėrangan jantung di masa mėndatang.

Gėjala ringan yang dapat mėngindikasikan silėnt hėart attack, yaitu:
  • Rasa tidak nyaman di dada, lėngan, atau rahang yang hilang sėtėlah bėristirahat
  • Sėsak napas dan cėpat lėlah
  • Gangguan tidur dan mėningkatnya rasa lėlah
  • Nyėri pada pėrut atau ulu hati
  • Sifat lėkat pada kulit

Sėtėlah silėnt hėart attack tėrjadi, pasiėn bisa mėrasa lėbih lėlah dari sėbėlumnya, atau mėngalami kėsulitan bėrolahraga. Untuk mėnjaga kėsėhatan jantung Anda, lakukan latihan fisik sėcara tėratur, dan jika Anda mėmiliki faktor risiko jantung, konsultasikan dėngan doktėr dan pėriksa kondisi jantung Anda.


Sumber : Hello Sehat