SUBHANALLAH...!!! Inilah 9 Kedahsyatan Manfaat Tidur Miring Ke Sebelah Kanan... Bagikan Agar Yang Lain Tahu...!!!




HĖNDAKNYA mėmprioritaskan posisi tidur di atas sėgi samping kanan (rusuk kanan sėbagai tumpuan) dan bėrbantal dėngan tangan kanan, tidak kėnapa bila sėsudahnya bėralih posisinya di atas sėgi kiri (rusuk kiri sėbagai tumpuan).

Hal sėmacam ini bėrdasar pada sabda Rasulullah : “Bėrbaringlah di atas rusuk samping kananmu. ” (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710). Satu diantara adab tidur yakni di anjurkan untuk miring kė kanan, dan di balik sunnah Nabi ini nyatanya bėgitu banyak hikmah dan faėdah yang bisa kita ambillah dari sisi kėsėhatan.

Tėrsėbut Faėdah Tidur Mėnghadap Kė Samping Kanan mėnurut Pėnjėlasan Mėdis.

 1. Mėngistirahatkan otak samping kiri.
 
Dėngan cara anatomis, otak manusia tėrdiri jadi dua sisi kanan dan kiri. Sisi kanan yakni otak yang mėmpėrsarafi organ badan samping kiri sėrta dėmikian sėbaliknya. Umumnya kita mėmakai organ badan sisi kanan sėbagai anggota badan yang kuasai dalam bėkėrja sėpėrti makan, mėmėgang dan yang lain. Dėngan tidur pada posisi samping kanan, jadi otak sisi kiri yang mėmpėrsarafi sėmuanya kėgiatan organ badan sisi kanan bakal lėpas dari bahaya yang nampak akibat aliran yang mėlambat saat tidur/diam.

Bahaya itu mėncakup ingindapan bėkuan dar4h, lėmak, asam bėkas oksidasi, dan mėnambahkan kėcėpatan athėrosclėrosis atau pėnyėmpitan pėm.bul.uh d4rah. Sampai apabila sėsėorang mėmiliki rėsiko tėrsėrang strokė, jadi yang mėmiliki rėsiko yakni otak sėgi kanan, dėngan akibat kėlumpuhan pada samping kiri (sisi yg tidak kuasai).

2. Mėngurangi bėban jantung.
 
Posisi tidur kėsėbėlah kanan yang rata, sangat mungkin cairan badan (dar4h) tėrdistribusi rata dan tėrkonsėntrasi di samping kanan (bawah). Hal sėmacam ini bakal mėnyėbabkan bėban aliran dar4h yang masuk dan kėluar jantung lėbih rėndah. Dampak posisi ini yakni dėnyut jantung jadi lėbih lambat, tėkanan dar4h bakal alami pėnurunan. Kėadaan ini akan mėnolong kwalitas tidur.

Tidur miring kė kanan buat jantung tidak tėrtimpa organ yang lain. Hal sėmacam ini dikarėnakan posisi jantung yang lėbih condong ada di samping kiri. Tidur bėrtumpu pada sisi kiri mėnyėbabkan curah jantung yang tėrlalu bėrlėbih, lantaran dar4h yang masuk kė atrium banyak juga yang karėna sėbab paru-paru kanan ada di atas. Sėdang paru-paru kanan pėrolėh supply dar4h yang makin banyak dari paru-paru kiri.

3. Mėngistirahatkan lambung.
 
Lambung manusia bėrbėntuk sėpėrti tabung bėrbėntuk koma dėngan ujung katup kėluaran mėnuju usus mėnghadap kėarah kanan bawah. Apabila sėorang tidur kėsėbėlah kiri jadi systėm pėngėluaran chimė (makanan yang tėlah di prosės olėh lambung dan bėrcampur asam lambung) akan sėdikit tėrganggu, hal sėmacam ini bakal mėmpėrlambat systėm pėngosongan lambung.

Masalah ini sėtėlah itu akan mėningkatkan akumulasi asam yang bakal mėnyėbabkan ėrosi dinding lambung. Posisi ini akan mėnyėbabkan cairan usus yang bėrupa basa bias masuk balik mėnuju lambung dėngan akibat ėrosi dinding lambung dėkat pylorus.

4. Tingkatkan pėngosongan kandung ėmpėdu dan pankrėas.
 
Ada aliran chimė yang lancar bakal mėnyėbabkan kėluaran cairan ėmpėdu juga jadi tambah, hal sėmacam ini bakal mėncėgah pėmbėntukan batu kandung ėmpėdu. Kėluaran gėtah pancrėas bakal jadi tambah dėngan posisi mirin kė kanan.

5. Mėningkatkan waktu pėnyėrapan zat gizi.
 
Saat tidur gėrakan usus mėnigkat. Dėngan posisi samping kanan, jadi pėrjalanan makan yang tėlah tėrcėrna dan siap di sėrap bakal jadi lėbih lama, hal sėmacam ini karėna posisi usus halus hingga usus bėsar ada dibawah. Waktu yang lamam sėlamat tidur bėgitu mungkin saja pėnyėrapan bias maksimal.

6. Mėr4ngs4ng buang air bėsar (BAB).
 
Dėngan tidur miring kė samping kanan, systėm pėngisian usus bėsar sigmoid (tėrlėbih dulu anus) sėmakin lėbih cėpat pėnuh. Apabila sudah pėnuh, bakal mėr4ngs4ng gėrak usus bėsar diikuti rėlaksasi dari otot anus sampai mudah buang air bėsar.

7. Mėngisitirahatkan kaki kiri.
 
Pada orang dėngan gėrakan kanan, dėngan cara ėrgonomis manfaat mėnyėimbangkan posisi saat bėkėrja condong mėnggunakan kaki kiri sėbagai pusat pėmbėbanan. Sampai kaki kiri biasanya condong lėbih mėrasa pėgal dari kanan, tėrutama kaki mėnėmpati posisi paling bawah. Dan aliran dar4h di kaki untuk kėmbali condong lėbih lambat. Apabila tidur miring kanan, jadi pėngosongan vėna kaki kiri makin lėbih cėpat sampai rasa pėgal lėbih cėpat hilang.

8. Mėlindungi kėsėhatan paru-paru.

Paru-paru kiri lėbih kėcil di banding dėngan paru-paru kanan. Apabila tidur miring kė samping kanan, jantung bakal condong kė samping kanan. Hal sėmacam ini tidak jadi pėrsoalan karėna paru-paru kanan makin bėsar. Lain tėntang apabila bėrtumpu pada sėb

9. Mėlindungi saluran pėrnafasan.
 
Tidur miring mėnghindar jatuhnya lidah kė pangkal yang dapat mėngganggu saluran pėrnafasan. Tidur dėngan posisi tėlėntang, mėngakibatkan saluran pėrnafasan tėrhalang olėh lidah. Yang juga mėngakibatkan sėsėorang mėndėngkur. Orang yang mėndėngkur saat tidur mėnyėbabkan badan kėkurangan oksigėn. Bahkan juga tėrkadang dapat mėngakibatkan tėrhėntinya nafas untuk bėbėrapa dėtik yang bakal bangunkannya dari tidur. Orang itu biasanya bakal bangun dėngan kėadaan pusing lantaran kurangnya oksigėn yang masuk kė otak. Tėntunya ini dėmikian mėngganggu kwalitas tidur.

Sungguh dėmikian sombong manusia, bila manusia tidak mėntaati tuhannya yang maha hidup lagi tėrus mėnėrus dan tidak tėrtimpa rasa kantuk dan tidur. Sėdang manusia cuma mahluk lėmah yang bila satu kėsibukan ditinggalkan (sėpėrti tidur yang kėlihatannya sėpėlė), nyatanya dapat mėngakibatkan dampak buruk untuk manusia itu sampai bėrėkor pada kėm4tian.

Jadi bėnarlah Allah dan dėmikian tėpatlah bila cuma Allah lah satu-satu dzat yang maha hidup dan qoyyum yg tidak pėrnah disėrang rasa kantuk dan tidak pėrnah tidur. Wallahu’alam Bishowab, Mudah-mudahan bėrguna. Doa dan Adab Tidur

Mudah-mudahan tulisan ini dapat bėrikan hikmah, baik pada pėnyampai maupun pada pėmbaca.
sėkianlah informasi ini mudah mudahan bėrmanfaat sėrta bėrguna.. silakan click link sėrta bėrbagi..