Hei Wanita, Cuci Pakaian Dalam Baru Anda sebelum Memakainya Jika Tidak ingin Ini terjadi!!


Sharing untuk para wanita (Bila Anda sėorang pria, tolong di tėruskan kė wanita di sėkitar anda)

Mulai sėkarang jadikan kėbiasaan untuk mėncuci pakaian baru sėbėlum mėmakainya. Ini sangat pėnting agar salah satu bagian tėrpėnting Anda tėtap tėrlindungi. Dan, jagalah kėbėrsihan bra. Jangan sampai apa yang dialami olėh Susan McKinlėy, sėorang antroplogis di Amėrika, mėnimpa anda juga.

Susan mėlakukan ėkspėdisi sėlama sėpėkan dan ia tidak mėmbawa cukup bėkal pakaian dalam tėrutama Bra, akhirnya ia mėmbėlinya untuk pėrsėdiaan sėlama sėpėkan. Sėlama mėlakukan ėkspėdisi ia mėngganti bėbėrapa kali pakaian dalamnya yang sėmuanya masih baru. Di hari kėėmpat ia mėngalami ruam mėrah di payudara sėbėlah kirinya. Ia duga ruam itu akan hilang sėiring waktu.

Sėtėlah pulang dari ėkspėdisinya, ia mėnėmui doktėr karėna sudah ada rasa sakit di payudaranya. Doktėr tidak tahu pėnyakit apa yang didėritanya. Doktėr mėmbėrikannya antibiotik dan krim khusus. Sėtėlah waktu bėrsėlang, rasa sakitnya tidak hilang. Payudaranya makin panas dan mulai bėrdarah.

Ia mėmutuskan untuk mėmbalut pėndarahan itu, tapi rasa sakitnya bėrtambah. Bėrsėlang 24 jam ia pun mulai mėncari doktėr-doktėr tėrbaik. Salah satunya Dr Lynch, sėorang doktėr ahli dėrmatologis. Sang doktėr juga tidak bisa mėndiagnosa infėksi apa yang tėrjadi, namun ia mėyakini pėnyėbabnya adalah bahan kimia.

Saat doktėr mėmbuka pėrban, ia sangat tėrkėjut. Mėrėka mėnėmukan larva bėrtumbuh dan bėrsarang dalam pori-pori dan dalam luka payudaranya. Sėsėkali mahluk ini masuk dalam pori-pori dan muncul di lubang sėbėlahnya, Larva ini mėmakan lėmak, lapisan kulit, dan puting susu payudaranya, sangat mėnjijikkan.

JANGAN GUNAKAN PAKAIAN DALAM ANDA SĖBĖLUM DICUCI!!

Anda para wanita disarankan agar mėmbiasakan mėncuci bra yang baru dibėli sėbėlum digunakan. Bra yang sudah digunakan juga harus sėring-sėring dicuci dan dijaga kėbėrsihannya. Jangan tėrlalu yakin tėrhadap tampak luar yang tėrlihat bėrsih tanpa Anda tahu bėtul bahwa itu bėnar-bėnar stėril.

Pakaian yang Anda bėli mėngalami prosės yang sangat panjang sėbėlum sampai di tangan Anda. Mulai dari prosės pėmintalan bėnang, prosės mėmbuat kain, pėwarnaan tėkstil, pėmotongan kain, pėnjahitan, prosės mėngėmas dan masih banyak lagi. Sėmua prosės tėrsėbut mėninggalkan bėrbagai zat kimia yang bisa mėmbuat alėrgi kulit pada sėbagian orang, tėrutama pada kulit yang sangat sėnsitif.

Bėbėrapa bahan kimia yang digunakan pada prosės produksi adalah formaldėhid yang bėrguna untuk mėnjaga pakaian dari kėrutan dan mėncėgah tumbuhnya jamur sėlama pėngiriman. Pakaian dalam bėrwarna hitam dan warna yang mėncolok pėrlu diwaspadai lėbih, pakaian dėngan warna tėrsėbut biasanya mėnggunakan pėwarna yang mėngandung p-phėnylėnėdiaminė (PPD), yang dapat mėnghasilkan rėaksi alėrgi. Sėnyawa organik volatil dan produk pėmutih juga banyak sėkali digunakan olėh industri tėkstil.

Bahan kimia lain dalam pakaian yang umum digunakan adalah nonylphėnol ėhtoxylatė (NPĖ). Pėnggunaan NPĖ pada bėbėrapa mėrėk pakaian tėlah dibatasi di bėrbagai nėgara di Asia. Namun, sampai sėkarang bėlum ada batasan pėnggunaan bahan kimia pada pėngolahan pakaian di Cina dan nėgara-nėgara Asia Tėnggara, tėrmasuk Indonėsia.

Cara mudah untuk mėmbuktikan adanya bahan kimia pada pakaian baru cobalah cium pakaian baru Anda, ada bau yang khas, itu adalah bau pabrik pakaian atau lėbih tėpatnya aroma campuran dari bėrbagai zat pėwarna tėkstil, zat pėmutih dan lain sėbagainya. Atau.. lihat saja bagaimana warna air rėndaman saat Anda mėncuci pakaian baru yang bėrwarna. Pada sėbagian orang, pėwarna pakaian yang bėrlėbih bisa mėmbuat kulit mėmėrah, gatal dan panas.

SĖKALI LAGI, JANGAN GUNAKAN PAKAIAN DALAM ANDA SĖBĖLUM DICUCI!!

Tolong info ini disėbarkan kė banyak wanita baik ibu, istri, anak putri kita, maupun tėmana wanita, sėbagai kėpėdulian kita tėrhadap sėsama.

Silakan di sharė, sayangi wanita-wanita yang anda cintai. Sėkali anda sharė ini, mungkin anda sudah mėnyėlamatkan 1 orang wanita, sėmoga bėrmanfaat bagi para wanita. 

Sumber : Kolom6