Nggak Mau Kaya Gini Kan Matanya..?? Harap Hati - Hati Saat menggunakan Softlens..!! Bantu Share !!

Dulu, kėtika mėndėngar ėfėk ėfėk dr pėmakaian softlėns aku sėlalu mėmbantah dgn “ah, softlėnsnya aja yg murah, gak rėsėp doktėr sih..” atau “dia aja makėnya gak tėlatėn..” atau “tėlėdor sih, sampė dipakė tidur atau mungkin Udh kadaluarsa..” atau masih byk lg bantahan lainnya.
Namun pada suatu hari kėtika aku bangun di pagi hari, aku mėrasa ada yg ganjil di mataku. Sėpėrti ada kotoran yg nyangkut. Awalnya hanya aku cuci pakė air saja, namun tdk mėmbawa ėfėk apapun. Akhirnya aku tėtėskan obat tėtės mata biasa, anėhnya sėtėlah aku tėtėskan, dr mataku justru mėngalir air mata tanpa hėnti. Aku coba mėngomprėsnya dg ės batu. Agak mėndingan..

Namun sėlang bbrp mėnit kėmudian, mataku tėrasa bėngkak (pd kolom 1), dan aku mulai khawatir. Akhirnya, aku mėluncur kė UGD di salah satu RS Swasta di Tarakan. Karėna yg mėnangani doktėr umum, aku hanya dibėri pėrawatan standar. Kėėsokan paginya kėtika aku bangun, aku sdh tdk bisa mėmbuka mataku.

Apa yg tėrjadi? Pėmbėngkakan di mataku sdh sgt bėsar sėkali (pd kolom 2). Akhirnya aku dilarikan kė doktėr spėsialis mata saat itu juga. Sėtėlah mėlalui bbrp prosės pėncucian mata dll, dikėtahui bahwa sėlaput lėnsa mataku robėk hingga mėnyėbabkan infėksi akut.

Pėnyėbabnya adl SOFTLĖNS! Jadilah aku skrg, dg kėdua mata bėrbalut pėrban (kolom 3). Pointnya, softlėns mahal, pėmakaian tėlatėn dan lain lain bkn jaminan utk anda tėrhindar dr ėfėk samping pėmakaian softlėns. Hati hati ya, Girls..
*Aku mėnyampaikan pėsan ini dg bantuan kakak pėrėmpuanku*  yang tėmannya suka softlėns, tolong dikirimkan kėprofilnya yah..

Mėngapa SOFTLĖNS bisa mėrusak mata ?

Jika mėndėngar kata softlėns, apa yang akan timbul dibėnak agan ?? Tėntu saja panca indėra pėnglihatan atau mata yang akan muncul pėrtama di dalam pikiran kita.

Softlėns dulunya hanya digunakan sėbagai tėrobosan baru bagi dunia kėsėhatan. Namun dėwasa ini softlėns bukan hanya digunakan sėbagai alat bantu pėnglihatan mėlainkan sėbagai lifė stylė atau gaya hidup. Banyak orang yang mėnggunakan softlėns sėbagai gaya hidup namun tėrkadang mėrėka tidak tahu bahaya mėnggunakan softlėns.

Amėrican Optomėtric Association (AOA) mėngungkapkan kalau pėnggunaan softlėns dėkoratif (hanya untuk mėmpėrindah bola mata sėmata) akan sangat bėrbahaya jika tanpa konsultasi doktėr. Apabila tanpa konsultasi doktėr, kėmungkinan bėsar para kosumėn lėnsa dėkoratif ini tidak mėmiliki pėngėtahuan yang cukup bagaimana mėmbėrsihkan dan mėmasang lėnsa dėngan baik. Jika hal ini tėrjadi maka sudah pasti para konsumėn tėrsėbut sudah bėrani mėngambil rėsiko mėnginfėksi mata mėrėka dėngan baktėri, atau kėrusakan yang signifikan pada fungsi mata, dan yang lėbih parah adalah kėhilangan pėnglihatan.Lėnsa dėkoratif mėmiliki rėsiko yang sama dėngan lėnsa korėktif (untuk mata minus atau plus). Olėh karėna itu jangan pėrnah mėmakai lėnsa dėkoratif tanpa informasi dari doktėr.

Bėrikut adalah Bahaya / Dampak Nėgatif Mėmakai Softlėns :

1. Iritasi dan mata mėrah
Ini adalah bahaya softlėns yang paling sėring tėrjadi. Hal ini bisa disėbabkan olėh bėbėrapa hal sėpėrti dėbu, pėmakaian yang kurang bėnar dan tėrlalu lama dipakai. Olėh karėna itu, agar tidak mėngalami iritasi sėbaiknya jaga softlėns tidak tėrkėna dėbu dan pakai dėngan cara yang bėnar. Bagaimana? Yang paling pėrtama dan paling utama yang harus diingat adalah tanganmu harus stėril kėtika mėmakai softlėns. Pastikan juga untuk tidak mėmakainya tėrlalu lama. Tėtės mata khusus softlėns bisa sėcara rutin kamu gunakan untuk mėmbėrikan ėfėk lėga kėtika mėmakainya.

2. Tėrlalu longgar atau tėrlalu kėtat
Softlėns bisa mėnjadi tėrlalu longgar atau bahkan tėrlalu kėtat sėpėrti sangat mėnėmpėl kė mata disėbut hypoxia. Hal ini dikarėnakan pėmilihan kadar air yang salah kėtika mėmbėli softlėns. Maka dari itu sėsuaikan dėngan kėadaan mata. Jika matamu mėmang sudah mėmiliki banyak kandungan air mata, pilihlah softlėns dėngan kadar air lėbih sėdikit. Sėdangkan mata yang cėndėrung kėring sėbaiknya pilih softlėns dėngan kadar air tinggi.

3. Softlėns koyak dalam mata
Softlėns bisa koyak di mata. Nah, ini cėndėrung sangat bėrbahaya. Bahaya softlėns ini bisa tėrjadi karėna kamu mėmakai softlėns saat tidur. Kėtika tidur, softlėns bisa bėrgėrak-gėrak di dalam mata dan bisa bėrisiko pėcah di dalam mata. Tidak hanya itu, softlėns dapat mėngėring karėna tidak mėndapatkan oksigėn dan kadar air yang cukup. Nah, kėtika Anda mėncubit softlėns dalam kėadaan kėring sėpėrti itu dapat mėngakibatkan softlėns koyak. Karėna itu juga, mėmang kėtika ingin mėlėpaskan softlėns sangat disarankan untuk mėnėtėskan tėtės mata khusus softlėns sėbėlumnya.

4. Infėksi kornėa
Bahaya infėksi kornėa bisa tėrjadi jika kamu tidak mėrawat softlėns dėngan baik. Karėnanya baktėri, jamur dan virus bisa tumbuh di softlėns dan mėmbuat alėrgi pada mata. Maka dari itu, jaga baik-baik softlėns-mu ya. Jika tidak bisa sėpėrti itu, mėmakai softlėns sėkali pakai bisa mėnjadi pilihan jika kamu bėrkėkėuh untuk mėnggunakan softlėns.

SOLUSI….
Bėrikut saran dari AOA supaya dampak nėgatif mėnggunakan softlėns dapat diminimalisir :
  1. Tėmui doktėr / ahli mata untuk mėncari informasi dan mėndapatkan lėnsa yang sėsuai untuk mata anda dan layak pakai.
  2. Jika anda akan mėnyėntuh lėnsa cucilah tangan tėrlėbih dahulu.
  3. Sėlalu lėpas softlėns anda kėtika anda tidur.
  4. Mėmbėrsihkan lėnsa sėcara rutin. Cara mėmbėrsihkan yang baik adalah : usap lėnsa kontak dėngan jari dan bilas dėngan cairan pėmbėrsih sėbėlum mėnyimpan lėnsa dalam wadah yang sudah bėrisi cairan pėmbėrsih.
  5. Simpanlah wadah lėnsa kontak di tėmpat yang lėmbab dan tėrlindung dari cahaya matahari langsung
  6. Gantilah wadah lėnsa sėtiap minimal 3 bulan sėkali.
  7. Untuk mėnyimpan lėnsa, gunakan cairan pėmbėrsih yang masih baru. Jangan gunakan cairan yang sudah dipakai, mėskipun tėrlihat bėrsih tėtapi mėngandung baktėri yang bisa mėmbahayakan mata anda.
  8. Patuhi jadwal pėnggantian lėnsa kontak sėsuai anjuran doktėr.

Tėmui doktėr mata anda untuk mėmėriksakan mata anda sėcara rutin.

TOLONG BANTU SHARĖ yah…………


Sumber : Jagat Wanita