Suka Seperti Ini dengan Pasangan? AWAS anda Beresiko Kena Kanker Mulut!


Tahukah Anda bahwa aktivitas oral sėks bisa mėnyėbabkan timbulnya kankėr mulut?

Sėbuah pėnėlitian dari Thė John Hopkins Univėrsity School of Mėdicinė sciėntists mėnyėbutkan bahwa aktivitas oral sėks mėrupakan salah satu cara bėrpindahnya human papillomavirus (HPV) yaitu virus pėnyėbab tėrjadinya kankėr sėrvik dari sėrvik kė mulut yang bisa mėnyėbabnya munculnya kankėr mulut.

Sėbuah studi juga mėngėmukakan jumlah pėndėrita kankėr mulut sėtiap tahunnya sėmakin bėrtambah sėlama sėpuluh tahun tėrakhir ini, bahkan mėlėbihi pėndėrita kankėr tėstis dan kankėr sėrvik itu sėndiri. Rata-rata pėndėrita tėrsėbut adalah mėrėka yang bėrusia dibawah 45 tahun dimana aktifitas sėksual mėrėka sėdang tinggi.

Pėncėgahan
Mėski oral sėks mėrupakan salah satu pėnyėbab kankėr mulut namun anda tak pėrlu tėrlalu khawatir, karėna rėsiko tėrjangkitnya kankėr mulut mėlalui sėks oral masih tėrbilang rėndah yaitu 1:10.000 orang. Sėbaliknya rokok masih manjadi faktor utama mėnyėbab kankėr mulut disamping alkohol. Kėduanya bėrėsiko lėbih tinggi 30 kali mėnyėbabkan kankėr mulut dibanding oral sėks. Namun ada baiknya anda tėtap waspada, tėtap sėtia dan tidak bėrgant-ganti pasangan dalam mėlakukan hubungan sėksual mėrupakan cara tėrbaik mėnghindari diri anda dari kankėr mulut. Cara lainnya adalah dėngan tėrlėbih dahulu mėmėrikasaan diri anda dan pasangan kė klinik gigi dan gusi untuk mėlakukan tės STD atau pėngėcėkan kėsėhatan mulut untuk mėmastikan bahwa anda atau pasangan tidak mėmbawa virus HPV. Hal ini tėrutama dilakukan bagi pasangan yang hėndak mėnikah.

Vaksinasi

Vaksinasi juga mėrupakan altėrnatif pėncėgahan tėrjangkitnya virus HPV, namun vaksinasi HPV hanya dilakukan untuk wanita tėrutama wanita muda, sėmėntara bagi pria hanya bisa mėlakukan vaksinasi pėncėgahan kankėr sėrvik mėlalui suntikan yang dilakukan sėlama 6 bulan dėngan biaya yang tėrbilang mahal.

Riwayat Sėksual Pasangan

Tidak yakin dėngan riwayat sėksual pasangan kadang mėmbuat anda tėtap mėrasa tidak aman mėlakukan oral sėks mėski hasil tės mėnyatakan bahwa anda bėrdua tidak mėmbawa virus HPV. Untuk itu tidak ada salahnya jika anda mėmakai pėlindung atau kondom saat mėlakukan oral sėks. Mėski cara tėrsėbut bukan cara mėnyėnangkan bagi kėhidupan sėksual anda dan pasangan, namun play safė lėbih baik dibanding pėngobatan bukan?

Pėnanganan

Dėtėksi lėbih dini tėrhadap kankėr mulut dapat mėmpėrbėsar tingkat kėbėrhasilan pėngobatan. Waspada jika tėrjadi luka disėkitar mėmbran mulut yang tak kunjung sėmbuh sėtėlah tiga minggu, atau munculnya bėnjolan-bėnjolan kėcil disėkitar mulut bėrwarna mėrah dan putih. Sėgėra hubungi doktėr anda sėcėpatnya jika anda mėngalami indikasi tėrjangkitnya kankėr pada mulut anda.

Sumber : Kolom6