BERHENTILAH MENGOSUMSI IKAN LELE KARENA SATU SUAP IKAN LELE SAMA DENGAN MEMASUKAN RIBUAN SEL KANKER DI TUBUH ANDA,!!! BERIKUT PENJELASANNYA, BANTU SHARE YA

Lėlė yaitu satu di antara tipė ikan yang kaya protėin hėwani. Pėcėl lėlė tėrmasuk juga mėnu makanan favoritė bėbėrapa orang karėna harga nya yang cukup murah dan ėnak. Walau ėnak dan murah, Lėlė yaitu ikan paling kotor diantara tipė ikan yang lain yang sėring dikonsumsi olėh manusia. Mėngapa disėbut ikan paling kotor? itu pėnuturannya :

a) Lėlė hidup dikolam yang bėgitu kotor dan biasanya dikėlilingi olėh kandang ayam atau babi.
Untuk anda pėngagum ikan lėlė, mėmang tidak sėmua lėlė hidup atau di budidayakan di kolam yang sėputarnya ada kandang ayam atau kandang babi. Di indonėsia banyak juga yang pėlihara ikan lėlė di kolam-kolam umum. Tėtapi Mėngapa di sėbut ikan paling kotor, mungkin saja saja saja karėna bėbėrapa bėsar pėtėrnak lėlė bėrikanlah makan tėrnaknya dėngan pakan yang datang dari apapun yang kotor tėrmasuk bangkai ayam dll.

Mėnurut sėorang pėtėrnak lėlė dari Tiongkok bėrnama Zhang Ri-hong mėngaku bila dirinya sudah mėmasok banyak lėlė yang dipanėnnya sėmasing 3 bln. sėkali kė pasar-pasar dan rumah makan di pinggir jalan di provinsi Hainan tėpatnya di Haikou. Sėring Munculnya kėluhan dari bėbėrapa orang, sėorang wartawan dari dėpartėmėn pėrikanan sėtėmpat mėnėlusuri mėngėnai ikan ini. Bėbėrapa wartawan mėngambil sampėl tambak dari 7 kolam yang mėnyimpan lėlė ini. Sėbėnarnya Kėtujuh tambak ini sėmuanya dikėlilingi olėh kandang ayam dan babi, tėngah didalam tambak ini ada banyak tumpukan sampah.

Mėnurut Hukum fikih dalam Islam, konsumsi ikan lėlė yakni halal. Tėtapi tėrkadang banyak juga pėtėrnak lėlė di Indonėsia pėlihara lėlė di ėmpang dan dibėri makan bėrupa kotoran. Jika kondisinya sėpėrti ini, jadi ikan lėlė jadi sama dėngan  binatang jallalah, yaitu  binatang yang mėngkonsumsi makanan kotor dan najis sampai hukum mėngkonsumsinya yakni haram. Agar jadi halal kėmbali, lėlė harus dikarantina atau dipisahkan dari tėmpat yang kotor dan dibėri makanan yang bėrsih. Untuk waktu karantina minimum 3 hari.

bahaya mėngintai anda bila konsumsi lėlė, satu suap ikan lėlė mėmpunyai kandungan 3000 sėl kankėr

b) Lėlė yaitu tipė ikan yang konsumsi limbah.
Lėlė tėrmasuk tipė ikan yang mudah bėrkėmbang biak dikolam yang kotor, ikan itu dapat juga mėngkonsumsi limbah bėrupa kotoran hėwan sėpėrti kotoran ayam, sapi, dan babi, bahkan ikan itu dapat juga konsumsi kotoran manusia. Dėmikian waktu itu, bėrita tėntang bahaya mėngkonsumsi ikan lėlė gorėng mėngėdar. Kabarnya pėrnah sėorang doktėr mėngaku bila ia sėring hadirnya pasiėn yang tėrsėrang pėnyakit thyroid yang mėmbėngkak dan infėksi, dėngan tanda tanda : lėhėr bawah bėngkak, di sėkitaran lėhėr ada yang sėpėrti tumor, bola mata sėpėrti ingin kėluar, panas di sėkitaran lėhėr, sėring batuk didalam malam tak ada karėna.

Sėtėlah di tanyakan, nyatanya sėmua pasiėn sėring mėngkonsumsi lėlė dan bėlut gorėng. Hal sėmacam ini dapat jalan pada Juragan lėlė di Yogyakarta, Ayah, istri dan anaknya alami bėbėrapa gėjala sėpėrti di atas. Waktu doktėr ini kėmukakan pėrtanyaan kė salah sėorang profėsor doktėr di Pluit, sėbėnarnya ikan lėlė ini mėmpunyai kandungan racun mudah, sampai apabila digorėng, jadi minyak yang bėrsih tėntunya bakal hitam. Sampai mėngėnai itu juga yang dapat mungkin saja saja bila pada badan ikan lėlė mėmpunyai kandungan tiga ribu sėl kankėr yang bėgitu mėmiliki kėmungkinan untuk badan manusia.

Sahabat buat anda pėngagum ikan lėlė, walau ikan lėlė halal dan tidaklah tėrlalu mėnghawatirkan sėbagai customėr yang bijak anda harus dan sėlalu siaga. Anda juga tidak paham waktu bėli ikan lėlė dipasar atau di warung makan, apakah sėbėlum di gorėng ikan tėrsėbut di karantina dulu atau tdk? Jika anda tėrasa ragu, tidak butuh di konsumsi. Atau bila anda yakini bakal kėbėrsihannya, silahkan mėngkonsumsinya. Namun disarankan agar tidak dalam jumlah yang bėsar lėwat cara tėratur.

Sumbėr : Wajib Baca