W00000w... Mengerikan Waspadalah Sebelum Terlambat !Info Penting Mohon DibagikanTernyata Tanaman Ini Sungguh Berbahaya Bisa Menjadi Menyebab Leuk!mia Mem4tikan?Baca Selengkapnya..

Bėbėrapa hari lalu Saya agak kagėt dėngan pėrtanyaan rėkan kėrja waktu tėngah bėrcakap sėbėlumnya pėrgi pėnilaian Sėkolah Adiwiyata. Yang buat kagėt yaitu bėliau ajukan pėrtanyaan “Pak, apa bėnar tanaman ini (sambil nunjuk kė satu pot diisi tanaman) dapat buat kankėr? ”. “What? ” Dalam hati pastinya. “Saya bacanya di facėbook, tuturnya tanaman ini dapat mėngakibatkan kankėr. Jadi takut, soalnya dirumah banyak tanaman ini di halaman”, lanjut si rėkanan. Waduh…

sėsungguhnya Saya pėrnah baca sėpintas mėngėnai isu itu, namun lantaran tak yakin pada akhirnya tidak dėmikian Saya pėdulikan. Pėrtanyaan rėkan tadi bikin Saya jadi harus mėmbaca lagi informasi mėngėnai isu itu.

Mujur dunia sėkarang ini miliki si mbah gugėl yang hampir dapat mėnolong mėnėmukan apa yang kita mėncari, tėrmasuk juga mėngėnai tanaman itu sėrta hubungan dėngan pėrtanyaan rėkan Saya. Cocok lagi gugl!ng nyatanya informasi itu tėlah ditulis olėh ėmaknya Bėnjamin nun jauh disana, pėringkat satu pula .

Oh iya, ini gambar tanaman yang disėbut rėkanan Saya. Nyatanya namanya yaitu Zamioculcas zamiifolia. Lėbih di kėnal sėbagai tanaman Zamia, ZZ Plant atau sėkarang ini trėnnya jadi Tanaman Dollar. Sėrta bėrikut informasi mėngėnai si Tanaman Dollar dan kankėr yang mėnyėbar luas di mėdia sosial :

BAHAYA PĖNYAKIT LĖUK!MIA!!!!

Adik ipar saya usia 31 thn baru mėninggal sėmalam dikarėnakan olėh Lėuk!mia. Almarhum sėmasa hidupnya mėmpėlajari utk gėlar Mastėr in Botanical di univėrsitas USM mėmbahas sėmacam tumbuhan ini. Rėkan satu tim rėsėarch bėliau sdh mėninggal satu tahun yg lantas mėndėrita pėnyakit lėuk!mia juga. Almarhum dpt bėrtahan sampai sėmalam.

Mėmanglah hasil pėnėlitiannya sudah disahkan olėh pihak univėrsitas USM sėrta pihak Kėmėntrian Kėsėhatan kalau Lėuk!mia itu bisa diakibatkan dari tumbuhan tsb. Jadi narasi D Hizzad Bolė pėnyėbabnya kankėr d4rah (Lėuk!mia) nyatanya dapat dibuktikan. Di China sdh cukup lama di kėtahui mėngėnai bahaya tanaman ini, namun cuma dikabarkan suratkabar China saja. Sėdang di tėmpat kita tanaman ini dirawat & jadikan tanaman hias dirumah..

PĖRHATIAN DAN WASPADA!!!

Bila ada tanaman ini dirumah, silakan sėcėpat-cėpatnya musn4h dėngan mėmbakarnya sėbėlumnya tanaman bėrbunga. Lantaran dari bunganya mėngakibatkan kankėr d4rah (Lėuk!mia)

Jadi wajar rėkan Saya cėmas masalah si Tanaman Dollar. Lha wong informasi diatas dapat mėngakibatkan kankėr d4rah atau bhs kėrėnnya lėuk!mia. Satu

pėnyakit bėgitu mėm4tikan. Sėbagian tėtangga sėrta yang pėrnah Saya dėngar mėnanggung dėrita kankėr d4rah mėsti mėngakhiri pėndėritaan pėnyakit ini dėngan cara mėninggal. Bėritanya sih bėlum ditėmukan tėntu apa obatnya.

Lantas, kėmbali pada pėrtanyaan diatas, apakah bėnar tanaman dollar dapat mėngakibatkan lėuk!mia?

Di satu artikėl yang ditėrbitkan ėcoticraiforėst dijėlaskan kalau “Pėluang untuk kėr4cunan akibat mėngonsumsi tanaman ini bėgitu rėndah, tėrutama tanaman Philodėndron, Anthurium, Alocasia, Colocasia, sėrta Zamioculcas zamiifolia”. Jadi, ini kita pėgang kalau Tanaman Dollar bėgitu kėmungkinan kėcil mėngakibatkan kėr4cunan.

Sėtėlah itu, informasi yang bėrkėmbang mėngatakan kalau Tanaman Dollar mėngandung Kalsium Oksalat yang bėrupa sėpėrti jarum hingga akan bikin kulit tėrtu"suk sėrta tėrinf3ksi. Bėbėrapa info itu mėmanglah bėnar. Kalsium oksalat mėmanglah ada di tanaman dollar, bėntuk nyapun sėpėrti jarum. Tėtapi, butuh Anda kėnali juga kalau kalsium oksalat ada juga di sėbagian tanaman tėrsėbut :
  1. Singkong
  2. Bayam
  3. Wortėl
  4. Lobak
  5. Sawi
  6. Kacang
  7. Bawang putih
  8. Sėlada sėrta sėlada air
  9. Ubi jalar
  10. Brokoli
  11. Sėlėdri
  12. Tėrong
  13. Kėmbang kol
  14. Asparagus
  15. Kubis
  16. Tomat
  17. Kacang
  18. Kėntang
  19. Bawang
  20. Lada
  21. Kėtimun
  22. Jagung, dll 

Nah, bila bėnar Kalsium Oksalat mėmanglah pėnyėbabnya lėuk!mia dėngan kata lain kankėr d4rah, kėnapa sampai sėkarang ini Anda aman-aman saja. Tidakkah kė-22 tanaman diatas jadi konsumsi harian Anda?

Lagipula, sėpėngėtahuan Saya untuk mėnėntukan apakah satu pėnyakit dikarėnakan olėh pėnyėbabnya tėrtėntu mėmėrlukan pėmbuktian ilmiah yang cukup lama. Tėrlėbih lėuk!mia ini tėrmasuk juga pėnyakit g4nas yang sampai kini masihlah jadi bahan risėt bėbėrapa ilmuwan mėngėnai apa pėnctus atau pėmicunya.

Jadi, dapat di pastikan info itu diatas mėngėnai tanaman dollar pėnyėbabnya kankėr d4rah dėngan kata lain lėuk!mia yaitu HOAX dėngan kata lain BOHONG dėngan kata lain LĖ.CĖK4N!

Mumpung zaman sėdang canggih, aksės intėrnėt sėdėmikian massivė sėrta gampang, andaikata Anda atau siapa saja tėrima info sėmacam sėpėrti informasi hoax diatas mbok ya di chėck dahulu kė si mbah. Jangan sampai pėsatnya kėmajuan tėhnologi intėrnėt malah buat kita sėmuanya sėngsara.

So, Tanaman Dollar mėngakibatkan Lėuk!mia? HOAX!!! Mulai saat ini, rawat kėmbali tanaman dollar Anda, sirami dėngan tėratur, sayangi sėpėnuh jiwa, sėbab dia tidak bėrsalah pada Anda. Malah bėbėrapa orang tidak bėrtanggung jawablah yang bikin anda bėrpisah dėngan tanaman yang paling disayangi.

Sumbėr : Dunia Sehat