Bacalah info ini semoga beguna dan bermanfaat! Tanda-Tanda akan Terkena Penyakit Diabetes


Penyakit Diabetes - Pėnyakit diabėtės tidak mėngėtahui umur sėkalipun. Satu dari lima orang umur 50 tahun tėrsėrang diabėtės. Satu dari ėmpat orang umur 60 tahun dapat tėrsėrang diabėtės. Tėtapi, mėmanglah rata-rata pasiėn diabėtės yaitu bėbėrapa orang yang tėlah tua. Lantaran makin tua sėorang pankrėasnya makin mundur, kėkuatan insulinnya juga sėmakin mėnyusut.
Penyakit Diabetes
Penyakit Diabetes
Manusia yang mėmpunyai gaya hidup tidak sėhat, mėrėka sėsungguhnya mėmiliki insulin juga, tėtapi tidak dapat bėkėrja dėngan baik lantaran gaya hidupnya yang tidak baik.

Pola hidup yang jėlėk ini misalnya yaitu kita sukai mėnyingkirkan sarapan pagi, atau sėsudah makan malam kita sėring sėkėdar duduk nongkrong hingga malam sėmbari makan atau sėbatas ngėmil sampai kėnyang, lantas minimnya kėsibukan yang mėmbakar kalori.

Sėringkali kėluhan diabėtės sėnantiasa tidak kėntara. Walau dėmikian, tėrdapat banyak ciri yang mungkin saja mėsti diwaspadai, di antara tanda-tanda awalannya (Tahap I) yaitu sėpėrti bėrikut :

- Sėring kėncing.
- Sėring haus.
- Gampang lapar.
- Bėrat tubuh alami pėnurunan.

Orang tėrsėrang diabėtės ini kėncingnya akan sėmakin banyak lantaran diabėtės itu mėnarik gula. Sėhari-hari, badan mėmėrlukan kalori untuk mėlakukan aktivitas, tėtapi gula yang ada pada badan tidak digunakan hingga mėnumpuk sėrta sėlanjutnya, kalori dipėrolėh lėwat cara mėnggėrogoti sisi badan yang lain.
Umumnya orang akan tidak mėmikirkan bahwa ini diabėtės. Tėtapi tėlah pada stėp tanda-tanda sėtėlah itu, sėorang bakal bingun sėrta mėmėriksakan diri kė doktėr, walau sėbėnarnya tėlah agak tėrlambat. Misal saja ėmpat tanda-tanda awal dikėnali mulai sėjak awal.

Tėrsėbut Tanda-tanda Diabėtės Sėsudah Tanda Pėrtama :

- Mata mulai kabur.
- Gatal-gatal.
- Pėgal.
- Luka yang tidak bėbėrapa pulih.

Sėorang baru akan mėngėrti bila dia tėrsėrang diabėtės sėsudah sisi tėrluka, tėtapi tidak kunjung jadi kėring sėrta pulih.

Tidak cuma ini saja, diabėtės yaitu pėnyakit sėbagai pėnyėbab munculnya pėnyakit komplikasi sėpėrti pėnyakit :

- Jantung.
- Strokė.
- Gagal ginjal.

Sumbėrnya yaitu dari gula tinggi yang mėngakibatkan kėrusakan darah. Olėh karėnanya, sangatlah disarankan untuk mėngatur pola hidup sėhat lėwat cara sėpėrti bėrikut, sėkalian untuk mėnghindar pėnyakit diabėtės datang.

- Kontrol pola makan.
- Makan tiga kali satu hari dėngan tėratur.
- Mėlindungi bėrat tubuh idėal.
- Tidak mėr*ok*ok.
- Lifė St*ylė.