''PERHATIKAN'',,TOLONG BANTU SAYA UNTUK MENYEBARLUASKAN INFO INI KEBANYAK WANITA,BAIK IBU,ISTRI ANAK PUTRI ANDA,KETAHUI SEBELUM TERLAMBAT..!! BERIKUT BEBERAPA MERK P3MB4LUT DI INDONESIA YANG MENGANDUNG ZAT BERBAHAYA!!!

Tolong Bantu Saya Untuk Mėnyėbarluaskan Info Ini Kėbanyak Wanita, Baik Ibu, Istri Anak Putri Anda, Kėtahui Sėbėlumnya Tėrlambat Itu Sėbagian Mėrk Pėmbalut Di Indonėsia Yang Mėngandung Zat Bėrbahaya datang bln.. Tėtapi, pėnėlitian tėrbaru dari Yayasan Instansi Customėr Indonėsia (YLKI) mėngungkap bila ada sėmbilan mėrk pėmbalut di Indonėsia yang mėngandung zat mėmpunyai kėmungkinan, salah satunya klorin.

” Ada sėmbilan mėrk pėmbalut sėrta tujuh pantylinėr yang mėngandung klorin yang bėrbėntuk racun, ” papar pėnėliti dari YLKI, Arum Dinta, dalam jumpa pėrs di Jakarta, Sėlasa (7/7).

Mėnurut Arum, YLKI mulai mėnėlusuri pėrmasalahan ini mulai sėjak tėrima banyak laporan pėrmasalahan kulit dari konsumėn sėsudah mėnggunakan pėmbalut khusus.

” Klorin mėmanglah tak dapat dilihat sėcara kasat mata, jadi kami lakukan risėt uji laboratorium mėlalui langkah spėktrofotomėtri, ” ucap Arum.

Dari hasil risėt itu, ditėmukan bila pėmbalut yang mėngandung klorin paling banyak yaitu mėrk CHARM dėngan 54, 73 ppm. Mėnyusul di bėlakang CHARM, Nina Anion tėmpati posisi kė-2 dėngan kandungan klorin bėbėrapa 39, 2 ppm.

Mėrk My Lady ada di posisi kėtiga dėngan kandungan klorin 24, 4 ppm sėrta mėnyusul di bawahnya VClass Ultra dėngan 17, 74 ppm. Disamping itu, Kotėx, Hėrs Protėx, LAURIĖR, S0ft3x, sėrta SOFTNĖSS juga masuk dalam daftar dėngan kandungan klorin 6-8 ppm.

Kėcuali pėmbalut, kandungan klorin juga di kėtahui pada tujuh mėrk pantylinėr, yakni V Class, Purė Stylė, My Lady, Kotėx Frėsh Linėrs, Softnėss Panty Shiėlds, CarėFrėė supėrdry, LAURIĖR Activė Fit.

Arum mėnjėlaskan bila klorin dėmikian bėrėsiko untuk kėsėhatan rėproduksi. Kėcuali kėputihan, gatal-gatal, sėrta iritasi, klorin juga dapat mėngakibatkan kankėr.

Mėngamini pėrnyataan Arum, Kėtua Pėngurus Harian YLKI, Tulus Kėkal, bėrkata, ” Klorin itu ada pada dioksin yang bėrbėntuk karsinogėnik. Mėnurut WHO, ada 52 juta bėrisiko disėrang kankėr sėrviks, salah satunya dipicu olėh bėbėrapa zat dalam pėmbalut. ”

Bahayanya, sėkitaran 52 pėrsėn produsėn tak mėncantumkan komposisi zat pėmbalut sėrta pantylinėr pada kėmasannya.

” Pėrmasalahan itu tidak mėmatuhi Pasal 4 Undang-Undang Pėrlindungan Customėr Nomor 8 Th. 1999, yang di isi hak yang mėndasar untuk customėr yakni hak atas kėamanan product, hak atas informasi, hak untuk tėntukan, hak didėngar pėndapat sėrta kėluhannya, hak atas advokasi, pėmbinaan pėndidikan, dan hak untuk mėmpėrolėh ubah rugi, ” tutur Arum.

Pėmėrintah sėbėnarnya sudah mėlansir bila klorin yakni zat mėmpunyai kėmungkinan mėlalui Kėtėtapan Mėntėri Kėsėhatan Rėpublik Indonėsia Nomor 472/MĖNKĖS/PĖR/V/1996. Walaupun dėmikian, mėnurut Arum, tak ada rėgulasi yang mėlarang ada kandungan klorin dalam pėmbalut.

Arum juga mėndorong pėmėrintah untuk sėgėra mėngėluarkan rėgulasi pėlarangan itu. ” Mėngacu pada FDA (Tubuh Pėngawas Obat sėrta Makanan Amėrika Sėrikat), harusnya ada kėtėtapan pėmbalut harus bėbas klorin, ” kata Arum.

Sumber : Semua Solusi