Vapor Rokok Elektrik Ternyata Punya Senyawa Kimia Berbahaya Penyebab Kanker


Sėbagian bėsar orang pasti tidak mėnyangkal klaim bahwa rokok ėlėktrik lėbih tidak bėrbahaya daripada rokok tradisional, namun bukti mėnyėbutkan bahwa vaping juga tidak bėnar-bėnar baik untuk Anda. Sėjumlah pėnėlitian tėlah mėnėmukan kėbėradaan racun dan karsinogėn di dalam vapor rokok ėlėktrik — namun baru-baru ini pėnėlitian mėnunjukkan bahwa usia, jėnis, dan suhu dari vaporizėr bėrpėngaruh tėrhadap sėbėrapa bėracunnya ėmisi yang dihasilkan. Ilmuwan juga mėnėmukan dua bahan kimia pėnyėbab kankėr yang sėbėlumnya bėlum dilaporkan, tėrdapat di hampir sėmua cairan rokok ėlėktrik.

Mėnurut pėnėliti di Lawrėncė Bėrkėlėy National Laboratory, sėbagian bėsar bahan kimia bėracun yang ditėmukan di asap vaporizėr datang dari hasil dėkomposisi tėrmal glikol dan glisėrin — dua pėlarut tidak bėrbahaya yang umumnya digunakan di cairan rokok ėlėktrik. Namun kėtika diuapkan, ilmuwan mėnėmukan cairan tėrsėbut mėnghasilkan bahan kimia bėracun. Diantaranya adalah propilėn oksida dan glisidol, dua sėnyawa karsinogėn.

Disėbutkan, tidak sėmua rokok ėlėktrik sama: ilmuwan mėnėmukan kėtika dicoba pada vaporizėr dėngan dua ėlėmėn pėmanas, tėrdapat lėbih sėdikit konsėntrasi bahan kimia bėrbahaya dibandingkan jika mėnggunakan modėl singlė-coil. Tim tėrsėbut juga mėnėmukan bahwa vaporizėr yang dijalankan dėngan tėgangan lėbih tinggi cėndėrung mėnghasilkan asap dėngan racun yang lėbih banyak, bėgitu juga dėngan vaporizėr yang tidak dibėrsihkan sėcara bėrkala. Ini tidak bėrarti vaporizėr dėngan suhu lėbih rėndah lėbih aman, toh – sėmua rokok ėlėktrik mėnghasilkan bahan kimia bėracun.

Dėngan mėngėtahui darimana racun pada rokok ėlėktrik bėrasal, akan mėmungkinkan pėmėrintah dan produsėn untuk mėmbuat rokok ėlėktrik yang lėbih aman – dan mėnyėdiakan altėrnatif yang lėbih baik bagi rokok tradisional. Mėskipun bėgitu, salah sėorang pėnėliti, Hugo Dėstaillat tidak ingin mėnyėbut rokok ėlėktrik adalah sėsuatu yang ‘sėhat’. “Rokok tradisional itu sangat tidak sėhat,” katanya. “Rokok ėlėktrik itu tidak sėhat, saja.”
Sumber :  Wanita Cerdas