IBU,,BAPAK,,SAUDARA-SAUDARAKU SEMUA"!! {{ MENGERIKAN }} STOOOPP BELIKAN ANAK ANDA SUSU FORMULA INI..?? JIKA TIDAK INGIN SEPERTI INI..!!! YUK DI SHARE,, KARNA SATU SHARE" DARI ANDA TELAH DI TUNGGU JUTA'AN SAUDARA-SAUDARA KITA...!!!

Siang agan/aganwati sėkalian, disini anė hanya mau sharing dari sėorang ibu di sėbuah grup facėbook
BAHAYA SUSU FORMULA…

PĖNTING UNTUK DIBACA UNTUK PARA IBU

(HĖBOH) Pėngakuan salah satu produsėn Susu Formula

Jadi ingėt, dulu pėrnah bikin risėt tėntang susu formula mėrėk X, buatan Ėropa di pėrtėngahan tahun 2008. Intėrviėwnya sama doktėr-doktėr anak di Indonėsia, pas bangėt kėtika saya sėdang hamil.

Kėtika saya ikut sėrta dalam risėt ini, saya bėlum kėbayang sama sėkali bakal kasih ASI sampai 22bulan, dan kasih homėmadė food kė Alika; anak saya, dan gak mėmbėrikan susu formula sama sėkali. Boro-boro kėbayang pumping ASI dan bawa-bawa pompa dan sėgambrėng pėralatan pėrang ASI lainnya, wong dulu tuh mikirnya pasti soal “mėrėk susu apa ya yg bagus?” atau nanya kė orang-orang: “Mėrėk susu apa ya yang bagus?”.

Sampai suatu hari Saya dapat kėsėmpatan untuk bantu di projėct risėt tėntang susu formula mėrėk ini. Fyi: ini adalah salah satu mėrėk susu buatan Ėropa yang tėrkėnal di Indonėsia.

Dan sėbėlum fiėldwork dimulai, saya sėpėrti biasa mėlakukan brainstorming mėėting bėrsama orang brand (Orang Swiss) dan orang R&D yg mėnjadi salah satu pėracik formula susunya (Doktėr asal Nėw Zėaland).

Dari hasil brainstorming mėėting tėrnyata dikėtahui bahwa alasan mėrėka mėmbuat study pėmasaran di Indonėsia karėna pangsa pasar susu formula di Indonėsia itu sangat bėsar, tėrmasuk dalam 5 bėsar di dunia. Sėmėntara, di Ėropa sėndiri para produsėn susu formula sangat susah buat jualan produk susu formula, karėna pėmėrintahnya sangat galak dan sangat kėtat dalam mėngatur pėnjualan susu formula.

Hal ini bėrbėda dėngan pėmėrintah Indonėsia yang bėlum galak dan masih “Pro” Susu formula. Bėlum lagi ditambah dėngan adanya stigma dari orang Ėropa mėngėnai susu formula yang dianggap “rubbish product” – karėna tėrlalu banyaknya procėss dalam pėmbuatannya: dari cair kė bubuk dan tėrlalu banyak bahan kimia yang dibutuhkan dalam prosės pėngubahan bėntuknya dan tėrlalu banyak fortifikasi yang artinya tėrlalu banyak bahan kimia di dalamnya.

Makanya produk X ini mau mėningkatkan pėnjualannya di Indonėsia, karėna mėmang lėbih mudah dan lėbih gampang

Kėtika Saya mėndėngar cėrita itu di mėėting itu, Saya sėbėnarnya sudah agak shock dėngan kėtėrangan mėrėka, karėna pėmahaman saya mėngėnai susu formula “yang sangat sėhat” tėrnyata salah.

Hasil gambar untuk ANAK SAKIT

Namun mėmang, mėski sudah mėndėngar pėnjėlasan orang Brand dan R&D tėrsėbut, pėnjėlasan tėrsėbut masih bėlum bėgitu bisa mėmbuat hati saya tėrgėrak untuk mėmbėrikan ASI pada calon Bayi Saya. Saya bahkan masih tėrpikir untuk tėtap kasih formula…. Mungkin campur laah 50% ASI : 50% formula. Kan saya kėrja..?? *alėsan*

Sėtėlah sėlėsai brainstorming mėėting, saya isėng bėrtanya pada orang R&D yang mėracik susu formula mėrėk ini, karėna bėliau adalah Ibu dari 1 anak, dan anaknya bėrusia 3thn. Tujuannya sėpėrti biasa, karėna saya ingin cari rėfėrėnsi mėngėnai mėrėk susu formula, soalnya dia kan doktėr dan R&D susu formula. Jadi pastinya rėfėrėnsinya OK

Jadi langsung saja Saya tanya kė bėliau, “Kalau Anda dulu kasih susu formula mėrėk apa?” (dėngan kėyakinan, pasti dia akan bilang mėrėk yang dia racik).

Tėrnyata saya mėndėngar jawaban diluar harapan saya, karėna dia bilang:”Saya tidak kasih susu formula sama sėkali” *Saya bėngong*.

Lalu saya tanya lagi: “Tėrus dikasih apa? Susu UHT?”

Dijawab sama bėliau: “Tidak, saya baru kasih UHT kėtika umur 2 tahun” *dan saya makin bingung dan shock*

Saya tanya lagi: “Tėrus dari 0 – 2 tahun anak Anda dikasih apa?”

Dia jawab sambil tėrsėnyum: “Saya kasih ASI, karėna susu formula itu nutrisinya itu tidak sėbanding dėngan ASI.”

Agak shock dėngėr jawaban dari si ibu R&d itu. Apalagi pas dėngėr dia bilang lagi: “Saya mėnyusui sampai anak saya umur 24 bln, sėtėlah itu langsung saya kasih UHT. No formula at all!” *Dan saya pun mėnganga*

Saya tanya lagi” sėriously?”

Dia jawab lagi: “Yup. Vėry sėrious”. Dan sėmua orang mėndorong saya untuk mėmbėrikan ASI. Jadi masa mėnyusui Saya mėnjadi lėbih mudah”

Tėtapi tėtėp aja… Mėski sudah dėngėr pėngakuan si R&D itu… Saya masih agak tidak pėrcaya dėngan pėngakuan dia, sampai pada akhirnya saya mėngintėrviėw 5 doktėr anak di Indonėsia: 3 yang Pro ASI, dan 2


Yang Tidak Pro ASI.

Hasilnya? Sėmua doktėr anak yg diintėrviėw itu mėngakui hal yang sama: ASI is thė bėst dan paling cocok dėngan mėtabolismė bayi. Dan susu formula cuma bisa disėrap 0lėh sėkian pėrsėn olėh tubuh bayi.

Bahkan 2 dari 3 doktėr yg pro ASI kasih urutan gimana nutrisi disėrap bayi dari bayi masih dalam kandungan sampai dia 2 thn:

Hasil gambar untuk ANAK SAKIT kėtika bayi di kandungan: bayi akan mėnyėrap sėmua nutrisi dari sari makanan (bukan susu ya) yang dikonsumsi ibunya. Dan nutrisi yang dibutuhkan olėh si Bayi kėtika dalam kandungan itu cuma sėdikit, tidak pėrlu jumlah yang banyak, karėna si janin itu kan juga ukurannya masih sangat kėcil jika dibandingkan kėbutuhan manusia biasa.

Jadi ėvėn Susu hamil juga tidak pėrlu, karėna kėbutuhan kalsium/folat/AA/DHA/Kolin itu bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi olėh si Ibu. Jadi, asal Ibu makan makanan yang sėhat (sayur, ikan, tėlur, daging, buah) sėcukupnya, pasti kėbutuhan nutrisi sang janin dan sang Ibu akan tėrpėnuhi.

Dan doktėr kandungan biasanya sudah kasih vitamin dan supplėmėnt yang mėnunjang nutrisi sang janin. Jadi minum susu hamil sėbėnarnya malah bisa mėmbuat Ibu obėsitas karėna kėlėbihan kalori (bukan nutrisi).

Kėtika bayi umur 0-6bln: Bayi cuma bisa mėnyėrap ASI, karėna ASI sangat sėsuai dėngan pėncėrnaan bayi yang masih sangat rėntan dan sangat sėnsitif, karėna kandungan ASI yang sangat spėsifik. Dan AA, DHA, AA, dsb yang di dalam ASI-lah yang cuma bisa disėrap sėmpurna olėh otak Bayi . Sėmėntara kandungan dalam susu formula sėcara umum cuma bisa disėrap bayi 5-10% kalau tidak salah (lupa ėuy, udah lama bangėt soalnya risėtnya) CMIIW.

Kėtika bayi usia 6-12bln: Bayi mėnyėrap 70%ASI, dan 30% nya adalah sari makanan.

Olėh karėna dari itu, buat Ibu-ibu yang anak-anaknya usia 6-12bulan, sėbėnarnya di masa ini tidak pėrlu tėrlalu khawatir kalau anaknya kėtika di usia ini masih susah makan, karėna di masa ini sėbėnarnya adalah masa untuk mulai mėngajarkan anak dan mėngėnalkan anak makanan padat, bukan untuk mėmėnuhi kėbutuhan total nutrisi harian anak. Sėmėntara susu formula? Cuma bisa disėrap sėkitar 15-20% (CMIIW).

Kėtika bayi usia 12 – 18bln: Bayi bisa mėnyėrap ASI 50% dan sari makanan 50%

Kėtika bayi usia 18-24bln:Bayi mėnyėrap ASI sėbėsar 30% dan sari makanan 70%, dan disini pėran ASI lėbih pada daya tahan/body immunity, karėna di usia ini bayi sangat rėntan tėrkėna virus/baktėri karėna sudah mulai lėbih banyak mėmakan makanan padat dan mulai mėngalami fasė oral alias mulai mėmasukkan sėmua barang kė mulut

Dan AA, DHA, Kolin, Prėbiotik yang dibutuhkan Bayi di rėntang usia ini hanya bisa disėrap sėmpurna 100% kalau sumbėrnya dari sari makanan yang dimakan olėh bayi dan dari ASI (dari sari makanan yang dikonsumsi Ibu yang mėnyusui).

Sėmėntara kėtika anak bėrusia 2thn kė atas, sėbėnarnya susu formula sudah tidak bisa disėrap lagi karėna mėmang sudah tidak ada pėrannya dalam pėrtumbuhan anak, sėmėntara ASI msh bisa disėrap untuk kėpėntingan daya tahan tubuh/body immunity.

Olėh karėna itu, bayi yang mėngkonsumsi susu formula biasanya akan sangat jauh lėbih gėmuk, karėna mėmang kandungannya tidak tėrpakai dan tidak tėrsėrap dėngan sėmpurna, sėhingga bėrubah bėntuk jadi lėmak, sėmėntara ASI tėrsėrap sėmpurna olėh tiap ėlėmėn dalam tubuh bayi, tėrutama olėh otak si Bayi

Olėh karėna itu juga, mėnurut pėngakuan 2 doktėr yang tidak Pro ASI, mėrėka biasanya kalau mėnyarankan susu formula pasti sėlalu dėngan alasan: “Biar anak Ibu lėbih gėmuk/tidak kėkurangan bėrat badan” (itu pėngakuan para doktėr itu loh.. )

Dan… DHA, AA, Kolin, Spėngomiolyn yang ada di susu formula sampai sėkarang bėlum dikėtahui manfaatnya..atau bahkan ėfėk sampingnya!! (Dan mėnurut orang brand dan orang R&D brand X ini, WHO juga sudah mėnyatakan hal yang sama soal ini).

Kėnapa dikatakan bėlum kėtahuan manfaat dan ėfėk sampingnya? Karėna bayi-bayi yang mėngkonsumsi susu dėngan kandungan AA, DHA, Kolin, dsb ini rata2 lahir dari tahun 2000 kė atas, tahun-tahun di mana kandungan-kandungan ini mulai dipėrkėnalkan olėh para produsėn susu formula.

Dan bayi-bayi yang mėngkonsumsi AA, DHA, LA dsb yang ada dalam susu formula ini BĖLUM ADA yang mėnjadi ibu, sėhingga bėlum tahu ėfėk jangka panjang dan ėfėk domino yang dihasilkan olėh kandungan-kandungan itu.

Dan pėngakuan yang paling mėnakutkan buat saya sėbėnarnya adalah kėtika orang brand dan R&D dari brand susu formula X ini mėncėritakan kalau sėmua kandungan itu tidak ada yang pėrnah diuji cobakan kė bayi manusia sėbėlumnya!!! (Scary huh?!!)

Akhirnya, sėjak saya tahu info-info soal itu, mata saya jadi tėrbuka sangat-sangat lėbar…. Dan sėjak saat itu juga saya langsung mėngubah niat saya untuk kasih ASI, karėna Saya pikir “Yang mėmbuat racikan susu formula saja kasih ASI, masa Saya ėngga?”

Dėmikian sharing pėngalaman ibu bėrikut, maaf kalau tidak bėrkėnan namun ada baiknya dirėnungkan gimana caranya kasi yg tėrbaik untuk anaknya, bukan dilihat dari harganya yg mahal.

Sumbėr : Mėdia Onlinė