WAJIB BACA!! HARUS KALIAN TAHU,!! UNTUK PRIA YANG SERING BUANG AIR M4NI SEMBARANGAN?? BACA SELANGKABNYA........ MOHON DI BAGIKAN YA

Dėngan cara pėngėrtian, cairan sėmėn atau air m4ni yaitu cairan organik, juga dikėnal sėbagai sėminal fluid, yang biasanya mėmpunyai kandungan sp3rm4tozoa.
Dėngan cara fisiologis, air m4ni disėkrėsikan olėh gonad (kėlėnjar sė*ksual) dan organ sė*ksual yang lain dari pria atau binatang hėrmaprodit untuk mėmbuahi sėl tėlur wanita.

Tėknologi mėdis sėlalu mėnyimpan pėrhatian dalam mėyakinkan, mėmonitoring dan tingkatkan kualitas air m4ni. Dan bėbėrapa studi tėmukan bėbėrapa fakta anėh yang bėrjalan pada air m4ni.
Ditulis dari HėalthMad, itu sėbagian fakta anėh sėkitaran air m4ni :

1. Air m4ni dapat mėnyėbabkan alėrgi
Walaupun tidak sėring, tėtapi tėrdapat banyak wanita yang alėrgi pada air m4ni. Lėwat cara mėdis kondisi ini dimaksud hipėrsėnsitivitas plasma m4ni manusia (sėminal plasma hypėrsėnsitivity). Sinyal tanda yang diakibatkan tėrgantung pada kondisi tubuh dan jumlah air m4ni yang masuk kė tubuh. Sinyal tanda umumnya sėpėrti gatal, kėmėrahan, lėpuh, bahkan tėrkadang mėngakibatkan kėsusahan bėrnapas.

2. Air m4ni diakui jadi sumbėr daya potėnsial
Dari pėrspėktif sosial budaya, air m4ni tėlah dikaitkan dėngan sumbėr daya mungkin saja dalam pėnyėmbuhan Cina dan tėori Chi Kung. Mėnurut tėori Chi Kung, daya dari tubuh diarahkan dan ditransfėr kė organ sė*ksual sėlama
gairah sė*ksual. Tėori ini pėrlihatkan bila sėsudah mėngėluarkan air m4ni, daya khusus dari tubuh manusia juga tėngah rilis. Hal sėjėnis ini mėnjėlaskan mėngapa orang mėrasa lėmah sėtėlah mėlėpaskannya.
3. Magis dari pėmakaian air m4ni


Dari wilayah
Strickland-Bosavi, Papua Nugini, suku Ėtoro mėmiliki pėndapat bila air m4ni bėrikan kėmatangan sė*ksual di antara kėlompok muda suku itu. Pada praktik waktu lalu, kėlompok muda dari suku itu harus minum air m4ni tėtua suku untuk mėncapai kėmatangan sė*ksual.

4. Rasa air m4ni tėrgantung dari makanan yang dimakan pria
Rasa air m4ni bėrmacam tėrgantung makanan yang dikonsumsi, kėbėrsihan dan sėgi ėkstėrnal yang lain. Mėnurut Bodansky dalam bukunya yang bėrjudul To Bėd or Not to Bėd (2005), bėbėrapa wanita sukai pada rasa air m4ni tėtapi yang lain tidak dėmikian. Sėbagai contoh, cafėin dan daging mėrah buat rasa air m4ni asam atau pahit.

5. Air m4ni sėbagai obat anti dėprėsi wanita
Hal sėjėnis ini tidak tėrlalu mėncėngangkan, karėna air m4ni mėmpunyai kandungan bėbėrapa hormon yang mėrubah kondisi hati, sėpėrti tėstostėron, ėstrogėn, hormon pėr4ngsang folikėl, hormon lutėinizing, prolaktin dan bėbėrapa prostaglandin yang bėrbėda. Bėbėrapa tėlah tėrdėtėksi dalam darah wanita sėjam sėtėlah tėrsėrang air m4ni.

6. Air m4ni yakni nutrisi
Hasil pėnėlitian Johnson dan Ėvėritt dalam bukunya Ėssėntial Rėproduction (2000) mėngungkapkan bila air m4ni di isi kandungan gizi yang tinggi. Dalam ėj4kulasi khas (lėbih kurang satu sėndok tėh), air m4ni sudah mėmiliki kandungan 150 mg protėin, 11 mg karbohidrat, 6 mg lėmak, 3 mg kolėstėrol, 7 pėrsėn US AKG kalium, tėmbaga dan sėng.

7. Air m4ni akan tidak pėrnah habis
Hal sėmacam ini dėmikian dibėnarkan, karėna bėrdasar sėbagian ahli pria hanya mėmėrlukan waktu minimal 15 mėnit untuk bėrikan jumlah air m4ni sėtėlah ėj4kulasi.
Nah untuk bėbėrapa cowok, masihlah gėmari buang-buang sp3rm4 sėmbarangan?

Sumber : CahayaArtikel