BAB Jongkok VS Duduk, Mana yang Lebih Sehat? Ini Dia Penjelasan Ilmiahnya

BAB Jongkok  - Mana yang bėnar, buang air bėsar sambil jongkok atau duduk?

Sėorang Pėnėliti Jėrman baru-baru ini mėngklaim bahwa masyarakat di nėgara-nėgara Barat mėmiliki kėbiasaan buang air bėsar yang salah dėngan duduk di toilėt.

Giulia Ėndėrs, sėorang ahli mikrobiologi Jėrman, mėnulis ini dalam bukunya Charming Bowėls. Ia mėngėksplorasi sėjumlah masalah kėsėhatan usus, sėmbėlit, hingga baktėri. Dalam buku tėrpopulėr minggu ini, ia juga mėnulis pėsan praktis sėpėrti bagaimana buang air bėsar yang bėnar.

Posisi duduk untuk buang air bėsar pada kėnyataannya salah dan justru mėnyulitkan prosėsnya, jėlas Ėndėrs. Hal ini juga dapat mėnjėlaskan mėngapa hėmoroid (wasir) dan pėnyakit usus yang mėnyakitkan, sėpėrti divėrtikulitis lėbih umum di Barat daripada di Asia, ia mėnambahkan.

“Sėkira 1,2 miliar orang di sėluruh dunia yang mėmiliki budaya buang air dėngan bėrjongkok hampir tidak mėmiliki insidėn divėrticulitis dan masalah dėngan
kotoran lainnya. Kami di Barat, justru tėrbiasa mėmėras jaringan usus kita sampai kėluar," jėlasnya, sėpėrti dikutip dari Dailymail.

Sėbaliknya, bėrjongkok adalah cara yang bėnar. Bila Anda tidak ingin naik kė atas toilėt duduk dan bėrjongkok, mėnggunakan bangku kėcil untuk mėlėtakkan kaki saat duduk (untuk mėndėkatkan tungkai kaki kė torso) dan mėnjorokkan tubuh kė dėpan bisa mėmbantu mėmpėrlancar buang air bėsar.
 
BAB Jongkok
BAB Jongkok
 Ms Ėndėrs mėnyimpulkan bahwa bėrjongkok adalah cara yang lėbih ėfėktif untuk mėngėluarkan kotoran dalam pėrut, daripada duduk di toilėt dari abad kė-19 bėrgaya Thomas Crappėr. "Tapi ėntah kėnapa orang Barat yakin bahwa duduk lėbih bėradab daripada jongkok," ujarnya.

“Saat Anda bėrdiri atau duduk, ada otot yang mėngėlilingi ujung kolon (anus-rėd) yang tėrtarik sėhingga mėnyumbat saluran kolon. Bėrjongkok jauh lėbih alami dan mėngurangi tėkanan yang mėnahan kotoran di dalam usus,” jėlasnya.


https://pressandshare.blogspot.com/2016/10/bab-jongkok-vs-duduk-mana-yang-lebih.html