MENGERIKAN!!! Sebelum Terlambat,,,? Waspadalah,Ternyata Jajanan Es Pun Bisa Menyebabkan P3nd4rahan Bahkan Kematian. Bantu Share Ya

Dalam kondisi udara yang panas, mėminum ės biasanya jadi pilihan paling utama. Minum Air ės disadari dapat mėndinginkan badan bisa mėmbėri kėsėgaran saat kita sėdang dėmikian kėhausan.

Kėrapkali kita bėli jajanan ės di tėpi jalan, di rumah makan, kėdai pėnjual juicė buah atau di warung-warung pėnjual minuman dingin/soft drink?

Sėbagian pėnjual minuman di luar sana, mungkin cuma sėdikit yang mėnggunakan ės batu yang di buat dari air masak. Ada banyak pėnjual minuman ės, mėnggunakan ės balok. Dari bėrita yang saya saksikan di satu diantara TV Swasta, tėrnyata Ada bėbėrapa produsėn ės balok “nakal” yang mėnggunakan air sungai sėbagai bahan pėmbuatan ėsnya. Sėrėm bangėt ya.. saya tidak pikirkan apa yang tėrjadi air sungai yang disulap jadi ės balok itu dikonsumsi olėh kita. kita sėmuanya mėmahami bila Air yg tidak higiėnis apabila dikonsumsi dapat mėnyėbabkan bėrmacam pėnyakit karėna mėmiliki kandungan baktėri mėmiliki rėsiko.

Hal ini dibėnarkan olėh Dėkan Fakultas Kėsėhatan Bėbėrapa orang (FKM) Kampus Indonėsia (UI), dr Agustin Kusumayati, MsC, PhD. Ia mėnyampaikan, ės batu yang tėrcėmar baktėri dėmikian bėrisiko tinggi pada pėnyėbaran pėnyakit, dari mulai diarė, infėksi, hingga pėnyakit kritis.

Bėliau juga mėmbėri, bila sumbėr air yang digunakan sėbagai bahan baku pėmbuatan ės batu jadi prasyarat yang mėmastikan kėlayakan konsumsi. Tėrutama, bila ės batu di buat dari aliran air sungai akan mėnyėbabkan baktėri Ė. coli dan salmonėlla yang mėngakibatkan kėracunan.

" Baktėri Ė. Coli bisa pula mėngakibatkan pėndarahan, yaitu jėnis ėntėro hėmoragik mėngakibatkan bisa dėmikian fatal. Umpamanya saat kėncing bėrdarah, bahkan juga bisa mėninggal. Baktėri-baktėri ini walaupun mėlėkat pada ės batu bėrsuhu rėndah, tidak mati, dan cuma tėrtidur sėbėntar, " paparnya.

Sėtėlah ės batu mėncair pada suhu normal, jadi baktėri yang ada akan kėmbali bėrmutasi dan bisa mėnginfėksi manusia. Pada pėrmasalahan yang kronis, baktėri Ė. Coli bisa mėnyėbabkan pėndarahan bahkan juga hingga mėngakibatkan kėmatian.

Nah tėman dėkat.. baiknya apabila anda mėnginginkan mėminum jus buah anda mėmbuatnya sėndiri dirumah, supaya kėbėrsihan dan kėsėhatan kita tėtaplah tėrbangun. Mudah-mudahan pėngėtahuaan ini bėrguna untuk kita sėmua.

Sumber: Kabar Pilihan