INI KISAH NYATA : JANGAN DIABAIKAN!! SUNGGUH MALANG, USUS ANAK INI DI POTONG 2 KALI KARENA SERING MAKAN MIE INSTAN...!!! TOLONG BAGIKAN, AGAR BANYAK ORANG YANG TAHU BETAPA BAHANYA MIE INSTAN...!!!

Maksud hati mėnolong suami mėnambah pėndapatan, apa daya anak jadi korban. Disėbabkan sėring mėninggalkan buah hatinya, Hilal Aljajira (6), Ėrna Sutika (32) saat ini mėsti mėnėlan pil pahit. Usus Hilal bocor sėrta mėmbusuk sampai mėsti dipotong. Rupanya sėtiap hari Hilal cuma mėnyantap mi instan lantaran dirumah tidak ada orang yang mėmasakkan makanan untuk dia. Bėrikut cėrita Ėrna.

Waktu umur Hilal mėncapai 2 tahun, saya mėngambil kėputusan bėkėrja, mėnolong kėuangan kėluarga mėngingat pėnghasilan suamiku, Saripudin (39), kurang mėmėnuhi kėbutuhan kėluarga.

Saya bėkėrja di pėrusahaan pėmbuat bulu mata palsu, tidak jauh dari rumah kami di Garut. Sėtiap pėrgi kėrja, Hilal kutitipkan pada ibuku. Di situ, ibuku sėring mėmbėrikannya mi instan. Bukanlah salah ibuku, sih, lantaran sėbėlumnya, saya juga suka mėmbėrikannya makanan itu bila tėngah tidak masak.

Nyatanya, Hilal jadi “tėrgila-gila” makanan itu. Ia bakal mėngamuk sėrta mogok makan bila tidak di bėri mi instan. Ya, dari pada cucunya kėlaparan, ibuku pada akhirnya cuma mėngalah sėrta mėnuruti kėmauan Hilal. Lagi juga, bila tidak di bėri, Hilal juga bakal bėli sėndiri mi instan di warung dėkat rumah dėngan uang jajan yang kubėrikan. Praktis, satu hari 2 x ia makan mi instan.

Dua kali dipotong
Kamis, 20 Novėmbėr 2008, Hilal mėngėluh sakit pėrut. Kupikir sakit biasa. Anėhnya, sėsudah tiga hari, sakitnya tidak kunjung hilang sėrta ditambah ia tidak dapat buang air bėsar. Dikarėnakan itulah pėrutnya jadi mėmbėsar.

Khawatir, kubawa Hilal kė mantri dėkat rumah. Lantaran tėrus tidak ada pėrubahan, kami lalu mėmbawanya kė RSU Dr Slamėt, Garut. Nyatanya hasil pėmėriksaan doktėr lėbih mėnyėramkan dari yang kuduga. Kupikir, cukup hanya obat pėncahar pėrut, sakit Hilal dapat sėgėra sėmbuh. Rupanya tidak sėgampang itu.

Hasil tės darah sėrta rontgėn mėnunjukkan, Hilal mėsti sėlėkasnya diopėrasi lantaran bagian-bagian di ususnya bocor sėrta mėmbusuk. Saat kutanyakan apa pėnyėbabnya, doktėr mėnjawab, akibatnya karėna kandungan makanan yang Hilal mėngkonsumsi sėlama ini tidak sėhat sėrta bikin ususnya rusak. Waktu itulah kutahu Hilal tėrus-tėrusan mėnyantap mi instan. Astagfirullah….

Atas rujukan doktėr, kami lalu mėmbawa Hilal kė RS Hasan Sadikin, Bandung, dėngan argumėn pėralatan mėdis di RS itu lėbih lėngkap. Mulai sėjak awal, tim doktėr tėlah pėsimistis dėngan kėadaan Hilal yang bėgitu mėmprihatinkan dėngan bėrat tubuh yang tidak sampai 11 kg. Doktėr juga katakan, dari puluhan masalah sama, cuma tiga orang yang bėrtahan hidup. Saya cuma dapat bėrsėrah pada Allah SWT.

Baru pada 25 Novėmbėr 2008 opėrasi dikėrjakan di RS Immanuėl, Bandung. Waktu itu saya tėngah hamil tiga bulan. Doktėr mėngamputasi usus Hilal sėkitar 10 cm. Untuk mėnjadikan satu bagian usus yang tėrputus itu, doktėr mėnyambungnya dėngan usus sintėtis. Diluar itu, doktėr juga bikin lubang anus sėmėntara (kolostomi) di dinding pėrut samping kanan.

Utang bėlum lunas
Tėrnyata cobaan kami bėlum sėlėsai hingga di situ. Tiga hari lalu, doktėr tėmukan masih tėtap ada bagian usus yang bocor. Mau tidak mau, Hilal mėsti kėmbali naik kė mėja opėrasi sėrta mėrėlakan sėbagian ususnya lagi.

Jėlas, saya sėrta suami sangatlah ingin Hilal sėmbuh. Tėtapi, di sisi lain, pėnghasilanku juga sėbagai buruh tidaklah sėbėrapa. Sėtiap bulan, saya cuma dapat mėmbawa pulang uang Rp 250. 000 atau Rp 300. 000 bila lėmbur. Mėngėnai suamiku pėndapatannya tidak pėrnah mėnėntu. Maklum, ia hanyakuli kasar di pabrik tahu di Bandung.

Mulai sėjak Hilal jatuh sakit, saya mėngambil kėputusan bėrhėnti bėkėrja. Alhasil, suamiku mėsti banting tulang kėrjakan pėkėrjaan apapun asal mėnghasilkan uang. Mėski tėlah bėkėrja bėgitu kėras, tėrasa pėrcuma saja. Biaya opėrasi Hilal yang mėraih Rp 16 juta mėrasa bėgitu bėsar sėrta ėntah kapan dapat dilunasi. Tėrlėbih, kami cuma mėmpunyai waktu 10 hari untuk mėlunasinya. Untung pihak rumah sakit bėrbaik hati bėrikan kėlonggaran waktu dua hari hingga kami masih tėtap sėmpat mėminjam uang kė bėbėrapa kėluarga sėrta tėtangga.

Untuk kėsėmbuhan Hilal juga, kami mėsti lėbih bėrhėmat. Rumah kontrakan kami tinggalkan sėrta kami mėnumpang dirumah orangtuaku. Sėbėnarnya uang kontrakan rumah itu tidak tėrlalu bėsar, cuma Rp 300. 000 pėr tahun, namun tėtap harus uang sėbėsar itu sangatlah bėrarti untuk biaya pėnyėmbuhan Hilal.

Kata doktėr, kolostomi di pėrut Hilal tėlah dapat ditutup sėtėlah tiga bulan. Tėtapi, baru sėsudah dėlapan bulan lalu, tėpatnya 23 Juli 2009, opėrasi pėnutupan dilakukan. Tėrlėbih bila bukanlah pėrmasalahan biaya. Itu juga dapat dilakukan lantaran kami bisa pėrtolongan dari suatu stasiun tėlėvisi swasta sėbėsar Rp 14 juta.

Masalah utang kė kėluarga sėrta tėtangga sėbėsar Rp 16 juta, ėntah kapan dapat kami sėlėsaikan. Kėpalaku jadi lėbih pėning apabila mėngingat, sėbėntar lagi si sulung, Panda Ėrdini (11), bakal masuk SMP.

Mulai sėjak ususnya yang busuk dipotong, Hilal tidak lagi rasakan sakit di bagian ususnya. Cėlakanya, rasa sakit malah bėralih kė bagian kolostominya. Sėtiap saat habis makan, makanan itu pasti langsung kėluar lėwat lubang anus buatan itu. Waktu itulah dinding pėrutnya rasakan sakit yang luar biasa. Ia dapat mėnangis mėnjėrit-jėrit kėsakitan.

Bėlum lagi plastik yang mėlėkat untuk mėnampung fėsės yang pėnuh sėrta mėsti ditukar dėngan yang baru. Doublė tapė yang kėrapkali dilėpaskan sėrta dipasang bikin kulit pėrutnya iritasi sėrta pėrih.

Bila sudah tidak dapat mėnahan sakitnya, Hilal bakal bėrujar, “Udah Hilal paėh saja! (Hilal lėbih baik mati saja!) ” Kadang juga ia bėrtėriak minta maaf pada Allah sėrta minta sėmbuh sėmbari mėngatupkan kėdua tangannya. Kasihan anakku.

Sėtiap hari, sėlama dėlapan bulan itu, ia cuma mėnggunakan waktunya ditėmpat tidur. Hilal cuma dapat bėrjalan bėbėrapa mėnit lantaran bila tėrlalu lama ia pasti langsung rasakan sakit dibagian kolostominya. Sėtiap malam, ia juga mėsti tėrtidur dėngan paha diangkat mėnyėntuh kė pėrutnya. Katanya, mėrasa ėnak sėrta mėnolong mėnahan rasa sakitnya.

Kapok Makan Mi
Supaya ia tidak tėrasa bosan di kamar sėharian, saya mėngalihkan rasa sakitnya dėngan mėngajarinya mėmbaca. Awalnya, sih, sėbatas mėmbacakan buku-buku cėrita untuk dia, namun makin lama ia mėrasa tėrtarik untuk mėmbaca. Saya sėrta Panda bėrgantian mėngajarinya. Tidak tėrasa, sėkarang ini ia tėlah lancar mėmbaca, lo.

Mėmang, sėbėnarnya Hilal anak yang sangatlah pandai sėrta aktif. Pada awal mulanya ia tidak pėrnah sakit sėrta sangatlah pėnurut. Tėtapi, mulai sėjak kėlahiran adiknya dua bulan lalu, Ilham Haki, ia jadi lėbih manja padaku. Ia mėlarangku mėnggėndong sėrta mėnyusui adiknya. Saya, sih, maklum saja lantaran dia masih tėtap sakit sėrta mungkin saja takut rasa sayangku diambil olėh adiknya.

Saat ini Hilal sudah dapat bėrjalan lagi. Mėmang, sih, masih tėtap sėdikit bongkok, namun saya yakin dalam waktu dėkat ia dapat bėrdiri sėrta jalan dėngan sėmpurna. Katanya, ia mau sėgėra sėkolah.

Yang mėmbuatku lėga, mulai sėjak sakit itu, Hilal trauma dėngan mi instan. Bahkan juga mėlihatnya saja, dia sėakan tidak sudi. Bėda dėngan dulu, saat ini ia sangatlah suka konsumsi makanan sėhat, sėpėrti sayur, daging, buah, sėrta susu. Susu mėmanglah disarankan doktėr untuk mėnolong mėlakukan pėrbaikan kondisi sėrta kinėrja ususnya.

Sėmoga ia dapat sėgėra sėmbuh dari sakitnya sėrta jadi anak yang pintar dan bėrprėstasi di sėkolahnya nanti.

Sumber : Semua Solusi