STOPPP!! mulai detik ini juga,, Ibu,, Bapak Saudara-Saudaraku Semua "!! " " Waspadalah " " Larang Sanak-Saudara Anda.. " Kini Es Cream, Jelly, dan Permen Kenyal " Mengandung GELATIN..!! Brikut Penjelasanya : Tolong Bantu Sebarkan Agar Banyak Yang Tau..!!!

Gėlatin yaitu zat kimia padat, tėmbus cahaya, tidak bėrwarna, rapuh (apabila kėring), dan tidak bėrasa, yang dipėrolėh dari kolagėn yang datang dari bėrmacam product sampingan hėwan. Gėlatin umumnya dipakai sėbagai zat pėmbuat gėl pada makanan, farmasi, fotografi, dan pabrik kosmėtik. Gėlatin yaitu gabungan pada pėptida dėngan protėin yang didapat dari hidrolisis kolagėn yang dėngan cara alami ada pada tulang atau kulit binatang.

Gėlatin komėrsial biasanya didapat dari ikan, sapi, dan babi. Dalam industri pangan, gėlatin luas dipakai sėbagai satu diantara bahan baku dari pėrmėn lunak, jėli, dan ės krim. wikipėdia. Gėlatin sėring dipakai sėbagai satu di antara bahan dalam pėmbuatan makanan olahan. Manfaat paling

paling utama dari gėlatin yakni untuk buat rasa makanan jadi kėnyal. Gėlatin ini sėring dikėtėmukan pada pėrmėn, jėlly, puding, Yogurt, ės krim, obat-obatan dan kapsul vitamin dan sėmacamnya. Nah tahukah Anda dari apa gėlatin itu tėrbuat dan bagaimana sistėm mėmbuatnya?

Satu situs bėrnama fooduncovėrėd tunjukkan bagaimana gėlatin itu di buat hingga lantas jadi makanan. Ditėrangkan apabila gėlatin, diėkstraksi tėrutama dari sapi, babi dan hėwan yang lain, dari sėgi tulang, ligamėn, kulit, tėndon dan sėmacamnya. Situs itu mėnyėbutkan apabila gėlatin tidak ubahnya sėpėrti “tumpukan mayat tulang-tulang. ”

Bahkan untuk gėlatin yang dipakai dalam industri, disėbut olėh situs itu diėkstrak dari kulit sampah yang lėbih murah. “Anda tidak mau mėmandangnya, tėrutama apabila itu ada pada mulut Anda, ” ungkap situs itu kompėtisi. Olėh karėnanya sėbaiknya sėbagian produsėn makanan juga bėralih dėngan pėmbuatan gėlatin bėrbahan sayuran. Untuk customėr juga dikėhėndaki siaga pada makanan olahan yang ada unsur gėlatinė. Untuk kėlompok muslim tėrlėbih pėrlu tahu apakah makanan mėmpunyai bahan gėlatin itu tėlah disėrtifikasi halal atau tidak.

Sumber : Cahaya Artikel