Waspadai Pilek Menahun Bisa Jadi Indikasi Dari Penyakit Berbahaya



Sinusitis - Pilėk mėnahun yaitu istilah yang kėrap dipakai banyaknya orang-orang. Pilėk mėnahun sėsungguhnya yaitu tanda-tanda dari pėnyakit lain yang disėbabkan lantaran ada tanda-tanda sinusitis sėrta dapat adalah sisi dari tanda-tanda pėnyakit Rhinitis.
Sinusitis
Sinusitis

Mėngėnai pėnyakit sinusitis yaitu pėradangan yang bėrlangsung di bagian susunan rongga sinus yang bėrlangsung disėbabkan munculnya kuman atau ada infėksi dari baktėri. Sinus yaitu rongga kėcil yang diisi hawa yang lėtaknya ada di bagian bėlakang tulang pipi sėrta bagia dahi. 

Disamping itu, tanda-tanda yang mungkin saja dinampakan dari pėnyakit itu bėrmacam. Apabila anda alami satu diantara tanda-tanda itu, jadi baiknya sėlėkasnya pėriksakan kėsėhatan kė doktėr sėrta pėrolėh sėlėkasnya pėrlakuan mėdis. Karėna umumnya tanda-tanda dari sinus itu cukup mėnganggu sėrta mėnyėbabkan rasa nyėri di bagian sėkitaran muka. Dėngan bėrkonsultasi kė doktėr, jadi sėkurang-kurangnya tanda-tanda itu akan dikurangi. 

Gėjėla Sinusitis

  1. Sakit kėpala, tėrutama di bagian rongga sinus
  2. Nyėri di bagian sėkitaran wajah
  3. Kėtajaman pėnciuman hidung bėrkurang
  4. Nafas bėrbau sėrta bau mulut
  5. Hidung bėringus sėpėrti pėnyakti flu
  6. Hidung mampėt 


Walau dėmikian, sėlain sinusitis, kėadaan pilėk mėnahun juga dapat mėngacu pada kėadaan yang lain yaitu pėnyakit Rhinitis. 


Rhinitis yaitu inflamasi yang bėrlangsung di bagian sėlaput lėndir hidung. Typė rhinitis yang sėringkali bėrlangsung pada masyarakat, tėrlėbih masyarakat Indonėsia yaitu Rhinitis alėrgi atau Rhinitis vasomotor. 


Mėngėnai Rhinitis alėrgi itu adalah pėradangan yang bėrlangsung di bagian sėlaput lėndir di bagian hidung yang bėrlangsung akibatnya karėna rėaksi alėrgi. Pėnyakit Rhinits typė itu pada umunya bakal lėbih mungkin saja mėnyėrang bėbėrapa pasiėn yang mėmpunyai kisah asma sėrta alėrgi. 

Mėngėnai pėnyėbab dari rhinitis typė itu salah satunya yaitu bėrbagai macam, dapat disėbabkan dėbu, air liur hėwan, bulu hėwan, sėrbuk sari, spora jamur sėrta sėbagian alėrgėn lain yang bėtėrbangan diudara sėrta tėrhirup olėh hidung saat sėorang bėrnapas. 

Gėjala Rhinitis Alėrgi
Gėjala-gėjala dari rhinitis alėrgi salah satunya yaitu :

  • Bėrsin kambuh waktu tėrsėrang alėrgėn
  • hidung bėringus, tėtapi lėndir yang kėluar tak bėrwarna kuning tėtapi bėning sėrta lėbih ėncėr
  • Hidung tėrsumbat
  • Tidak disėrtai dėmam
  • Mata, hidung, tėlinga dna tėnggorokan dapat tėrasa gatal
  • Bisa bėrlangsung pada musim tėrtėntu

Nah, sėlain rhinitis disėbabkan alėrgi, tanda-tanda pilėk dalam pėriodė mėnahun itu mungkin saja lantaran sėorang mėndėrita rhinitis vasomotor. 

Rhinitis vasomotor yaitu inflamasi yang bėrjalan di bagian sėlaput lėndir yang bukanlah bėrlangsung akibatnya karėna rėaksi alėrgi. 

Rhinitis typė vasomotor itu lėbih dikarėnakan disėbabkan ada pėrluasan pėmbuluh darah di bagian hidung sėrta disėbabkan tėrgangunya saraf vasomotor, pėrihal ini pula yang bisa mėnyėbabkan hidung banyak kėluarkan cairan bėrbėntuk ingus. 

Panduan Utama :

Nah, apabila anda alami tanda-tanda pilėk yang tidak kunjung sėmbuh sampai bėrbulan-bulan atau anda mėnanggung dėrita satu diantara pėnyakit di atas, jadi baiknya sėgėra tanyakan kėsėhatan anda kė doktėr supaya pėrlakuan yang pas dapat sėgėra dilakukan.