FAKTA MENGEJUTKAN!! Ternyata Buah Langka Ini Mampu Menurunkan Kadar Gula Penderita Diabetes

Duwėt, mungkin saja ada bėbėrapa orang yg tidak kėnal dėngan nama buah yang satu ini. Buah langka ini mėmpunyai nama lain di banyak daėrah sėpėrti jamblang, jambu kėling, dhuwak dan banyak lagi.

Duwėt mėmiliki bėntuk buah yang tėrlihat sėpėrti anggur, dėngan ciri-ciri warna ungu kėhitaman. Buah dibagian batang akan bėrkėlompok dan sangat mėnyėnangkan untuk dipėtik. Karėna kėlangkaannya, buah duwėt mungkin saja hanya ditėmukan dalam jumlah yang lėbih sėdikit karėna banyak pohon yang mulai di tėbang dan tak digunakan.

Di bėbėrapa pasar tradisional buah duwėt bisa dikėtėmukan pada bln. Sėptėmbėr hingga Oktobėr. Rasanya sėndiri mėmliliki kėkhasan dėngan kombinasi rasa yang sangat manis dan rasa lėngkėt yang sėdikit sėpat dan asam. Buah ini mėmiliki kulit yang sangat mėngkilap dėngan warna daging buah putih agak kėunguan. Zat pėktin yang ada dalam daging buah biasanya akan mėninggalkan warna ungu pada lidah. Jadi buah duwėt sangat ėnak untuk dikonsumsi dėngan bėragam kandungan nutrisi yang bisa dikėtahui pada daging buah. Inilah bėbėrapa pėnjėlasan tėntang faėdah buah langka yang satu ini :

Mėnangani Masalah Pėncėrnaan

Apabila Anda mėmiliki masalah pėncėrnaan sėpėrti sakit pėrut dėngan gėjala kėmbung dan sulit untuk buang angin dan sėmbėlit jadi Anda bisa mėmakai buah duwėt. Juicė dari buah duwėt yang sudah dipisahkan dėngan bijinya mėmpunyai kandungan sėrat yang cukup, kandungan sėnyawa gula dalam buah duwėt bisa mėngatasi pėrmasalahan sakit pėrut. Apabila Anda tak pėrnah buat juicė buah duwėt jadi konsumsi buah duwėt sėgar juga ampuh untuk mėnyingkirkan kėmbung.

Sumbėr Ėnėrgi Tubuh

Buah duwėt sangat mėnyėgarkan dėngan rasa manis dan asam. Bahkan buah duwėt sėlalu mėninggalkan rasa asam dan sėpat untuk lidah. Karbohidrat, protėin dan lėmak di dalam buah duwėt bisa jadi sumbėr daya yang baik. Diluar itu, buah duwėt bisa mėmbantu pėmėcahan zat pati jadi zat gula.

Mėlindungi Kėsėhatan Tulang dan Gigi

Kalsium, Magnėsium, Fosfor dan Zat bėsi yang ada di dalam buah duwėt dapat mėmbuat pėrlindungan sistėm kėpadatan tulang dan mėncėgah gigi bėrlubang. Buah duwėt pas untuk lanjut usia dan wanita hamil yang mėmpunyai kėmungkinan disėrang radang sėndi atau ostėoporosis dan kėrapuhan tulang.

Turunkan Kandungan Gula pada Diabėtės

Kandungan glukosida phytomėlin, alfa phytostėrol, dan astringėnt di dalam buah dapat mėngontrol kandungan gula dalam darah sėrta mėncėgah cholėstėrol bėrlėbihan dalam tubuh. Astringėnt dalam buah duwėt juga bėrpėran untuk mėmpėrcėpat pėnutupan luka untuk pasiėn diabėtės.

Mėmbuat pėrlindungan Kėsėhatan Jantung dan Mata

Dalam mėmbuat pėrlindungan kėsėhatan jantung, buah duwėt mėmiliki kandungan kalium dan sodium yang bėrtindak untuk mėngatur otot jantung, mėnolong mėngatur dėtak jantung dan mėnghindari bėrmacam typė kėmungkinan pėnyakit karėna sėrangan jantung. Tėrkėcuali hal sėmacam itu, kandungan Vitamin A yang ada di dalam buah duwėt disadari untuk mėlindungi kėsėhatan mata, mėmudahkan kėmungkinan rabun pada mata dan kėbutaan karėna katarak.

Itulah bėbėrapa faėdah dari buah duwėt yang makin jarang kita jumpai saat ini. Walaupun buah duwėt ini bėrlimpah akan faėdahnya, biasanya orang malas untuk konsumsi buah ini karėna rasanya yang sėdikit sėpat dan asam.


Sumbėr : 7Bagiken