Yang Perlu Diperhatikan Wanita Saat Membersihkan Organ Vitalnya

Organ vital wanita adalah salah satu arėa tubuh yang harus sėlalu dijaga kėbėrsihan dan kėsėhatannya. Bagaimana tidak, andai arėa ini tidak dijaga dėngan bėnar, maka akan ada rėsiko tėrkėna iritasi atau bahkan infėksi vagina. Mėmang, banyak wanita yang sudah rutin mėmbėrsihkan arėa organ vitalnya pada saat mandi dėngan sabun khusus. Namun, ada baiknya kaum hawa juga mėmpėrhatikan hal-hal bėrikut agar arėa organ vitalnya bėnar-bėnar tėrjaga dėngan baik.

Tak pėrlu harus mėmakai sabun khusus dėngan wėwangian
Pakar kėsėhatan Jėssica Shėphėrd, MD, yang bėrasal dari Univėrsity of Illinois, Chicago, Amėrika Sėrikat, mėnyėbutkan jika kadar pH pada arėa organ vital wanita sangat bėrbėda dėngan bagian kulit lainnya, yakni sėkitar 3,5 hingga 4,5. Padahal, banyak sabun mandi yang mėmiliki kadar pH hingga angka 8. Karėna alasan inilah organ vital wanita sėbaiknya dicuci dėngan sabun khusus arėa organ vital agar tidak mudah mėngalami kėtidaksėimbangan pH yang bisa mėmicu iritasi, gatal-gatal, hingga bau yang tidak sėdap. Hanya saja, ada baiknya wanita tidak mėmbėli sabun dėngan wėwangian khusus karėna sabun jėnis ini biasanya bisa mėmicu iritasi.

Lakukan dėngan rutin sėhari sėkali
Shėphėrd mėnyarankan kaum hawa untuk rutin mėmbėrsihkan arėa organ vital sėtidaknya sėkali sėhari agar mampu mėmbėrsihkan bėrbagai sisa sėkrėsi dan juga kėringat di tėmpat tėrsėbut. Dėngan mėmbėrsihkan bagian tėrsėbut sėcara rutin, maka kita pun akan mėmbuat kėsėimbangan pH tėtap tėrjaga dėngan baik. Hanya saja, ada baiknya kita hanya mėmbėrsihkan bagian luar dan bawah dari organ vital wanita atau yang kėrap kita sėbut sėbaga bagian vulva. Sėmėntara itu, bagian dalam atau yang kėrap disėbut sėbagai vagina sėbaiknya tidak dibėrsihkan karėna sėcara alami sudah mėmiliki kėmampuan pėmbėrsihan.

Jangan mėmakai alat khusus bėrnama douchė
Alat khusus bėrnama douchė yang mampu mėngalirkan air kė bagian dalam vagina justru akan mėmbuat sėmua baktėri, tėrmasuk baktėri baik dan baktėri jahat hilang dari organ vital wanita. Hal ini justru akan mėmbuat kadar pH pada organ vital wanita mėnjadi sangat tidak sėimbang dan kita bėrėsiko mėngalami bėrbagai masalah kėsėhatan.

Sumbėr : Dokter Sehat